PT PAL Indonesia (Persero) Produksi Dua Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter

PT PAL Indonesia (Persero) Produksi Dua Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter

Dermaga PT. PAL Indonesia © PT. PAL Indonesia (Persero)

PT PAL Indonesia (Persero) kembali meramaikan bidang industri maritim dengan membangun dua unit Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter setelah sebelumnya sukses menyerahkan KRI Kerambit-627 pada 25 Juli 2019.

Kapal dengan nomor pembangunan W000300 dan W000301 ini memiliki panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, tinggi 4,85 meter, sarat 2,60 meter dan memiliki bobot 450-500 ton. Kapal ini direncanakan mampu berlayar hingga kecepatan 28 knots dengan kecepatan jelajah 20 knots.

Penandatanganan plat Kapal Cepat Rudal 60 M l Sumber: Kevin Naufal/GNFI

Tak hanya itu, kapal ini juga akan dilengkapi dengan sistem persenjataan yang lengkap seperti Surveillance Radar, IFF System, CMS (3 Console), Main Gun 57 mm, Peluncur Surface To Surface Missile, Secondary Gun 20 Mm, Esm System.

Selain itu juga ada Decoy Launching System ini mampu berlayar hingga lima hari dan juga memiliki fungsi pokok sebagai peperangan anti kapal permukaan, dan Offshore Patrils di perairan teritorial hingga Zona Ekonomi Eksklusif, melakukan aktivitas pengintaian, dan Search And Resuce (SAR).

Kapal-kapal ini dirancang, dikembangkan, dan dibangun oleh PT. PAL Indonesia (Persero) dengan perancangan pembangunan melalui empat starting points dengan pendekatan sistem modular.

Dibangun dalam tujuh rings yang menjadi empat module dikerjakan secara paralel. Dengan cara ini tentu akan mempersingkan durasi pembangunan.

Persiapan first steel cutting Kapal Cepat Rudal 60 M l Sumber: Kevin Naufal/GNFI

Awal pembangunan dua unit Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter ini akan dilaksanakan pada tanggal 02 Agustus 2019 berlokasi di PT. PAL Indonesia (Persero) yang akan dihadiri oleh sejumlah tamu-tamu penting.

Awal pembangunan kapal-kapal ini ditandai dengan first steel cutting oleh Mayjend. TNI Budi Prijono, S.T., M.H selaku Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementrian Pertahanan, Laksamana Muda TNI Moelyanto, M.SI (Han) selaku Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal), Budiman Saleh selaku Direktur Utama PT. PAL Indonesia (Persero) beserta Laksda TNI (Purn.) Rachmad Lubis selaku Wakil Komisaris Utama PT PAL Indonesia (Persero).

Dua unit kapal ini direncanakan akan rampung dan diserah terimakan pada Mei 2022. Pembangunan ini akan menjadi kekuatan baru untuk mendukung peran Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Laut dalam menjaga teritori bangsa.

Dengan pembangunan yang dilakukan secara terus menerus, membuktikan bahwa PT PAL Indonesia (Persero) dipercaya oleh negara sebagai solusi pemenuhan industri pertahanan bangsa.***

Pilih BanggaBangga71%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang29%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Pacu Adrenalin di Jalur Motocross Keren Ini Sebelummnya

Pacu Adrenalin di Jalur Motocross Keren Ini

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara Selanjutnya

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.