Inilah 5 Konglomerat Asal Indonesia. Ada yang kenal?

Inilah 5 Konglomerat Asal Indonesia. Ada yang kenal?
info gambar utama

Hidup makmur dan sejahtera adalah dambaan setiap orang. Banyak masyarakat yang menganggap, hidup kaya rasa akan memudahkan semua kebutuhan dan urusan. Indonesia memiliki beberapa keluarga terkaya dengan total harta yang mereka miliki adalah triliunan.

Ada 5 keluarga terkaya asal Indonesia yang juga pernah masuk majalah Forbes tahun 2019 lalu. Berikut adalah 5 keluarga paling kaya di Tanah Air :

1. Keluarga Hartono

Sumber :
info gambar

Keluarga dari Grup Djarum ini memiliki kekayaan sebesar US$35 miliar atau sekitar Rp508 triliun. Orang yang paling terkenal di keluarga ini adalah R Budi Hartono dan Michael Hartono.

2. Keluarga Wonowidjojo

SUmber : tirto.id
info gambar

Tidak beda jauh, Keluarga Wonowidjojo, pemilik Gudang Garam, juga mencatatkan perusahaannya memiliki kekayaan sebesar US$9,2 miliar.
Susilo Wonowidjojo, pemiliki dari Gudang garam menempati urutan kedua sebagai orang terkaya se-Indonesia.

Keluarga ini juga mengelola perkebunan kelapa sawit. Istri Susilo, Melinda Setyo, juga seorang pebisnis dan. Ia pernah memiliki 50 persen saharm PT Hair Star Indonesia, sebuah perusahaan pabrik rambut palsu di Indonesia.

3. Keluarga Widjaja

Sumber : Financial Times
info gambar

Eka Tjipta Widjaja merupakan keluarga pendiri dari Sinar Mas Group. Keluarga ini memiliki kekayaan sebanyak US$ 8,6 miliar atau setara dengan Rp.124 triliun. Hal ini membuatnya menjadi orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Sinar Mas adalah sebuah perusahaan yang memiliki enam operasi bisnis yang bergerak di sektor kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, pengembang dan real estate, telekomunikasi, serta energi dan infrastruktur.

4. Keluarga Lohia

Sumber : tempo.co
info gambar

Keluarga Lohia adalah keluarga yang paling kaya ke-4 di Indonesia. Sri Prakash Lohia, salah satu anggota keluarga Lohia, adalah pemiliki Indorama Corporation.

Indorama Corporation adalah perusahaan global yang memproduksi polietilena, polipropilena, serat poliester, filamen, benang pintal, kain, dan sarung tangan medis. Indorama juga produsen poliolefin terbesar kedua di Afrika dan terbesar di Afrika Barat.

Kekayaan Sri Prakash tercatat sebesar US$7,5 miliar atau sekitar Rp108 triliun.

5. Keluarga Salim

Sumber : tribunnews
info gambar

Diurutan ke-5, ditempati oleh Anthoni Salim, pemilik saham mayoritas Indofood. Keluarga ini memiliki kekayaan sebesar US$ 5,3 miliar atau setara dengan Rp76,9 triliun.
Anthoni adalah kepala dari Salim Group, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Sudono Salim.

--

Diambil dari berbagai sumber

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini