Nostalgia Salatiga Dalam Semangkuk Ronde Jago

Nostalgia Salatiga Dalam Semangkuk Ronde Jago
info gambar utama

Di setiap daerah pastinya memiliki satu makanan yang menjadi pengingat kepada siapa yang pernah mencicipinya, bisa dari makanan khas daerah tersebut seperti Jogja dengan aneka ragam Gudegnya, maupun makanan lainnya.

Salatiga, sebuah kota kecil yang pernah mendapat predikat salah satu kota paling toleran di Indonesia juga memiliki ceritanya sendiri tentang semangkuk Ronde yang telah lama berdiri.

Adalah Ronde Jago, yang berdiri sejak tahun 1964 dan tetap laris hingga sekarang. Letaknya bukan dipinggir jalan yang semua orang bisa langsung melihatnya, justru letak warung ronde ini tersembunyi yakni dibelakang Sate Sapi Suruh, daerah Pasar Raya Salatiga. Kendati demikian, warung ronde legendaris ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Ronde Jago (sumber : https://travelingyuk.com)
info gambar

Ronde Jago yang kini dipegang oleh generasi ke empat yakni Airlangga Setia Darma Putra masih memiliki rasa yang khas dan tidak berubah dari dulu. Kudapan yang diadaptasi dari kuliner China ini disajikan dalam mangkuk yang berisi manisan kolang-kaling, rumput laut, agar-agar, tangkwe, dan kacang tanah sangrai.

Bahan-bahan ini adalah ciri khas Ronde Jago, menilik ke masa lalu awalnya Ronde Jago dijual menggunakan pikulan berkeliling Salatiga, menjajakan ronde yang nikmat ini. Kini, Ronde Jago sudah sangat terkenal, yang datang pun banyak juga dari kalangan artis. Di dinding kedai ini terdapat testimoni-testimoni dari artis-artis yang pernah datang mencicipi ronde legendaris kota Salatiga ini.

"Dulu kakek saya jualan pakai pikulan keliling Salatiga. Dari pagi sampai siang hari, nah daei situ orang mulai memgenal ronde kami. Lalu kami pindahbtenpat disini, karena kakek sudah tua, biar nggak susah harus berkeliling lagi," ungkap Angga yang dikutip dari Detik.com

Tak hanya menjual ronde, di kedai ini pengunjung juga bisa memesan batagor dan aneka jajanan khas Salatiga. Biasanya orang akan diberi kertas untuk menuliskan menu pesanan beserta nama sehingga nanti pegawai Ronde Jago akan memanggil nama pemesan menandakan pesanannya sudah jadi.

Ronde Sekoteng Jago ini buka setiap hari sejak pukul 14.00 hingga pukul 21.30 WIB beralamatkan di Jl. Sudirman no.9 Salatiga. Ronde Jago ini merupakan salah satu kebanggaan Salatiga yang namanya telah melegenda berpuluh-puluh tahun.

Sumber :

Detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini