[Bagian 1] Logo Kampanye Pariwisata Negara-negara ASEAN

[Bagian 1] Logo Kampanye Pariwisata Negara-negara ASEAN

Laos, Luang Prabang © Sumber: nanae

Negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam asosiasi bernama ASEAN merayakan hari jadi asosiasi tersebut hari ini 8 Agustus sejak pertama kali dibentuk pada tahun 1967, 52 tahun yang lalu.

Tentunya telah banyak kerjasama dan perkembangan yang telah dilakukan oleh negara-negara di bagian tenggara Asia ini. Salah satu aspek yang dimiliki adalah keindahan alam dengan keunikan tak tertandingnya.

Alam Asia Tenggara yang tropis menghadirkan lanskap yang berbeda dengan negara-negara di bagian lain bumi. Hutan rimbun, pantai indah, pegunungan alami, sungai, dan anugerah lainnya menjadi daya tarik tersendiri.

Masing-masing negarapun mempromosikan pariwisatanya dengan beragam kampanye untuk mengundang wisatawan asal luar negeri untuk mengunjungi destinasi-destinasi pariwisata tersebut.

Salah satu strategi yang digunakan tentunya dengan menghadirkan logo pariwisata. Tentu saja tagline pariwisata Indonesia yakni Wonderful Indonesia sudah tidak asing di telinga kita sebagai warga negara Indonesia. Bagaimana dengan negara Asia Tenggara lainnya? Berikut daftar logo kampanye pariwisata negara ASEAN.

Indonesia

Logo pariwisata Indonesia | Sumber: Good News From Indonesia

Logo kampanye milik Indonesia ini berbentuk konsep Garuda Pancasila sebagai dasar negara. Dengan 5 garis warna yang menjadi simbol dan makna pancasila tersebut. Dinamika Indonesia sebagai negara berkembang direpresentasikan oleh warna yang dinamis tersebut dengan elemen otentik Indonesia pada jenis huruf yang digunakan.

Malaysia

Logo kampanye pariwisata Malaysia | Sumber: Infonews

Malaysia Truly Asia merupakan salah satu branding slogan pariwisata paling sukses di Asia. Pariwisata menjadi salah satu sumber pemasukan utama Malaysia. Tak dapat dipungkiri, dengan pemasaran yang gencar ke seluruh dunia, Malaysia mampu menggaet 24 juta wisatawan asing dan menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Slogan wisata Malaysia ini bahkan memperoleh beberapa penghargaan, salah satunya sebagai ‘Best Long Term Marketing and Branding Campaign Gold Awards’ pada Asian Marketing Effectiveness Awards 2008.

Singapura

Logo kampanye pariwisata Singapura | Sumber: aseantourism.travel

Versi terbaru logo kampanye pariwisata milik Singapura ini diluncurkan pada tahun 2017 lalu dengan tujuan untuk memasarkan Singapura secara internasional sebagai destinasi wisata dan bisnis. Peluncuruan logo tersebut menunjukkan gerak berani Singapura dalam menunjukkan attitude dan mindset Singapura: semangat kebulatan tekad dan semangat perusahaan yang terus-menerus mengejar peluang dan terus berinovasi.

Brunei Darussalam

Logo kampanye pariwisata Brunei Darussalam | Sumber: atfbrunei2020

Walaupun bukan satu-satunya negara yang bisa mengklaim The Green Heart of Borneo, Brunei mengklaim sebagai negara yang paling terjaga kelestarian hutannya di Pulau Kalimantan. Subslogan A Kingdom of Unexpected of Treasurers muncul merujuk Brunei sebagai negara kesultanan yang belum banyak dikunjungi (pada tahun 2009 jumlah turis asing yang berkunjung ke Brunei masih di bawah 200.000 orang).

Thailand

Logo kampanye pariwisata Thailand | Sumber: The Luxury Signature

Negara yang terkenal dengan sebutan negeri gajah putih ini memang sangat terkenal dengan banyak pilihan destinasi wisatanya. Mulai dari pantai, istana kerajaan, kuil, bahkan pasar terapung, hingga wisata belanjanya memang sangat pantas jika disebut amazing Thailand.

Lima negara sisanya akan berlanjut di artikel bagian 2.

Catatan kaki: Phinemo | ASEAN Tourism | Blog

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Sambut Hari Merdeka, Sepatu Basket Dalam Negeri Rilis Edisi Merah-Putih Sebelummnya

Sambut Hari Merdeka, Sepatu Basket Dalam Negeri Rilis Edisi Merah-Putih

Titipan Harapan Golongan Hutan Pada Jokowi di Periode Kedua Kepemimpinannya Selanjutnya

Titipan Harapan Golongan Hutan Pada Jokowi di Periode Kedua Kepemimpinannya

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

I work here because I value positivity. In the midst of social media era I wish that everyone builds harmony through positivity, so I start from myself.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.