Habis Kurban, Terbitlah Kolesterol. Inilah Jamu Khas Indonesia Penurun Kolesterol!

Habis Kurban, Terbitlah Kolesterol. Inilah Jamu Khas Indonesia Penurun Kolesterol!
info gambar utama

Hari raya Idul Adha selalu diwarnai dengan suka cita, dimulai ketika hendak berangkat untuk sholat Ied sampai ketika makan bersama hewan hasil kurban. Biasanya orang-orang akan membagikan daging hasil qurban ke para tetangga, tak jarang banyak yang mendapat lebih dari 1 bungkus daging sapi atau kambing. Namun kawan GNFI harus berhati-hati dan tidak berlebihan mengkonsumsi menu masakan daging sapi atau kambing, karena daging merah dapat mengikat jumlah kandungan lemak jenuh yang berakibat meningkatkan kolesterol & penyakit jantung.

Selain tidak makan berlebihan, ternyata ada cara yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Yaitu dengan mengkonsumsi Jamu khas Indonesia. Apa saja? Berikut jamu-jamu yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol :

Sumber : Tokopedia
info gambar

1. Temulawak adalah tumbuhan jamu yang berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat. Bagian yang dimanfaatkan adalah bagian Rimpangnya yang dibuat menjadi Jamu. Rimpang Temulawak mengandung 1,6-2,2% kurkumin yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal, obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.
Temulawak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan diyakini dapat menurunkan lemak darah yang memiliki efek baik bagi jantung.

Caption
info gambar

2. Pahitan adalah jamu yang paling pahit. Jamu ini terbuat dari daun sambiloto yang terkadang ditambah dengan brotowali. Di balik rasanya yang pahit, pahitan memiliki manfaat seperti penambah nafsu makan, mengatasi pegal-pegal, bahkan bisa mencegah risiko diabetes.
Selain itu, Jamu pahitan juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol karena daun sambilotonya. Hal ini dikarenakan Daun sambiloto mengandung laktone, flavonoid, aldehid, mineral (kalium dan natrium) juga asam kersik.

Sumber : Doktersehat.com
info gambar

3. Jamu beras kencur adalah jamu yang terbuat dari sari kencur dan beras yang juga ditambahkan dengan jahe dan asam. Jamu ini memiliki rasa yang manis dan segar. Beras kencur juga memiliki manfaat sebagai penambah nafsu makan, penambah tenaga, dan penghilangkan pegal-pegal di tubuh.
Selain itu, jamu beras kencur juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Kencur termasuk salah satu tanaman obat yang sangat baik membantu menurunkan kolestrol jahat karena mengandung minyak atsiri dan alkaloid.

--

Diambil dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini