Yogyakarta Gamelan Festival 2019 "New Gamelan" Siap Digelar

Yogyakarta Gamelan Festival 2019 "New Gamelan" Siap Digelar

Yogyakarta Gamelan Festival di Plaza Pasar Ngasem pada tahun 2013. © ekha

Mengangkat tema "New Gamelan", Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) tahun ini akan diselenggarakan di Plaza Ngasem Yogyakarta sebagai main venue, dan di beberapa venue lainnya. Seluruh rangkaian YGF ke-24, berupa Gaung Gamelan, diskusi, lokakarya, dan pementasan ini akan digelar pada 19-24 Agustus 2019.

Menurut Program Director YGF, Ari Wulu, tema "New Gamelan" bukan hanya diartikan sebagai penyajian dengan gaya atau cara baru, tapi lebih dari itu, gamelan harus mampu merespons perkembangan tren sekarang dan harus mampu beradaptasi dengan zamannya.

"Gamelan dipandang dari segi spirit juga harus mampu berinovasi untuk bisa diterima pada zaman sekarang," tambahnya.

Berikut ini sejumlah acara yang akan mewarnai gelaran YGF 2019:

1. Gaung Gamelan, Gaung Gamelan kali ini bertajuk “Gending” akan diselenggarakan pada hari Senin, 19 Agustus 2019 di Kawasan Nol Kilometer Yogyakarta, pada pukul 15.00 s/d selesai. Gending juga digaungkan serentak di 4 titik arah mata angin: Sedyo Manunggal di Kemiri (Pakem), Pradangga Sawokembar di GKJ Sawokembar, Omah Gamelan di Sidomulyo (Bambanglipuro). Sedangkan HMJ Karawitan ISI Yogyakarta di Area Nol Kilometer.

2. Rembug Budaya, Diskusi terbuka dengan tema “New Gamelan anyone?” yang akan diselenggarakan hari Selasa, 20 Agustus 2019, di berlokasi di Museum Wayang Ukur, Tamansiswa Yogyakarta, pada pukul 15.00 s/d Selesai.

3. Lokakarya, “Bikin sendiri gamelanmu” menjadi tema lokakarya tahun ini yang bekerja sama dengan limbah bunyi, sebuah komunitas musik yang memanfaatkan limbah untuk berkesenian. Lokakarya ini akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Agustus 2019, pukul: 15.00 s/d selesai berlokasi di Komunitas Gayam16, Mantrigawen-Yogyakarta.

4. Pagelaran, sebagai puncak acara Pagelaran Yogyakarta Gamelan Festival 2019 akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut yang berlokasi di Plaza Ngasem pada tanggal 22-24 Agustus 2019 dimulai pukul 19.00 WIB setiap harinya. Beberapa penampil dalam dan luar negeri ikut ambil bagian pada pagelaran ini diantaranya adalah; Show Seki (Japan), Celia Huet & Friends (France & Yogyakarta), Levin Zimmermann & Friends (Germany & Yogyakarta), Si Paningkah (Solo) Musik.

Yogyakarta Gamelan Festival sendiri merupakan festival internasional yang mewadahi pertemuan pemain dan pencinta gamelan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Event internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Komunitas Gayam 16 binaan alm. Sapto Raharjo ini telah ada sejak tahun 1995.***(ek)

Pilih BanggaBangga57%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang14%
Pilih Tak PeduliTak Peduli29%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Jogja Cross Culture 2019: Dari Festival Jamu Hingga Pentas Musik Orkestra Sebelummnya

Jogja Cross Culture 2019: Dari Festival Jamu Hingga Pentas Musik Orkestra

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.