Usaha Online Yang Menguntungkan Di Indonesia

Usaha Online Yang Menguntungkan Di Indonesia
info gambar utama

Belasan tahun yang lalu, iklim bisnis di Indonesia belum sebaik sekarang.

Jangankan untuk Anak muda, para orang dewasa pun sangat kesusahan ketika ingin membangun dan mengelola bisnisnya sendiri.

Ini yang membuat banyak orang berpikir ulang untuk membuka bisnis.

Tapi lain dulu lain sekarang.

Karena saat ini, iklim bisnis di Indonesia sudah jauh lebih baik. Sehingga banyak orang terutama anak muda yang memilih berbisnis ketimbang bekerja di kantoran.

Apalagi sejak semakin berkembangnya bisnis online di Indonesia (Dan seluruh dunia), banyak anak muda yang tertarik untuk berbisnis online.

Dari sekian banyaknya usaha online yang ada saat ini, Saya sudah memilih 5 yang menurut Saya cukup menguntungkan untuk ditekuni.

Ini dia!

5 Usaha Online Yang Menguntungkan di Indonesia

Ide Usaha Online
info gambar

1) Bisnis Jual Beli di Toko Online (E-Commerce)

Ini adalah jenis bisnis online yang paling populer di Indonesia saat ini.

Secara umum bisnis e-commerce tidak jauh berbeda dengan bisnis jual beli lainnya. Hanya saja, media yang digunakan berbeda: website.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan jika ingin menekuni bisnis toko online ini.

1/ Mencari Produk Potensial Untuk Dijual

Anda bisa mencari ide produk di internet. Misalnya di toko online luar negeri seperti amazon. Atau bisa juga dengan menjualkan produk saudara, teman, atau kerabat Anda.

Sekedar tips untuk Anda, sebaiknya cari produk yang ada bahkan banyak peminatnya, namun tingkat persaingannya masih sedikit.

2/ Membuat Website Profesional

Kalau mau praktis, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang banyak tersedia di internet. Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Tapi kalau mau menghemat budget, Anda juga bisa membuat website seorang diri. Tentunya dengan proses dan hasil yang tidak sebaik layanan profesional di atas.

3/ Promosi

Ini (Promosi) adalah bagian penting dalam aktivitas jual beli.

Sebaik apapun produk dan jasa yang Anda miliki, orang-orang tidak akan mengetahui keberadaannya kalau tidak dipromosikan dengan tepat dan konsisten.

2) Bisnis Menyediakan Konten (Media Online)

Bisnis di bidang penyedia konten atau media online juga merupakan bisnis yang "Gurih"

Hal ini didukung oleh keberadaan media sosial yang ada di Indonesia. Mulai dari facebook, twitter, LINE, youtube, dan masih banyak lagi.

Kalau kontennya bagus, promosinya tepat, orang-orang tidak akan segan-segan untuk mempromosikannya.

Kalau Anda suka menulis dan tertarik untuk segera berbisnis online, ini (Bisnis media online) adalah langkah yang tepat untuk karir bisnis Anda.

3) Membuka Private Online

Kalau Anda memiliki skill dan kemampuan di bidang tertentu, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka kelas private secara online.

Contohnya kelas private bahasa asing.

Anda bisa mempromosikan kelas Anda ini di website dan media sosial. Sedangkan untuk metode belajarnya bisa menggunakan youtube.

4) Bisnis Traveling

Ada beberapa daerah di Indonesia yang menjadi tujuan para wisatawan. Baik lokal maupun asing.

Kalau Anda tinggal di daerah wisata tersebut, Anda bisa membuka bisnis traveling. Dari mulai tour guide, penyewaan kamar, hingga layanan transportasinya.

Sebagai warga lokal, ada banyak keunggulan yang Anda miliki jika membuka bisnis traveling ini. Salah satunya adalah pengetahuan Anda tentang kondisi sekitar yang pastinya cukup baik.

5) Freelancer Atau Pekerja Lepas

Poin terakhir ini juga sedang BOOMING di Indonesia.

Ringkasnya, freelancer atau pekerja lepas adalah pekerjaan yang dilakukan dengan durasi kontrak jangka pendek. Biasanya bisa selesai dalam hitungan minggu atau bulan.

Pekerjaan ini umumnya bisa dikerjakan secara remote (Bekerja dari rumah).

Beberapa jenis pekerjaan freelance yang banyak peminatnya adalah penulis, desain grafis, translator, web developer, dan masih banyak lagi.

Faktor Penting Keberhasilan Bisnis Online

Ide Bisnis Online

Ide Bisnis Online
info gambar

Dari poin 1 sampai 5 di atas, ada 1 elemen penting yang menurut Saya "Wajib" Anda miliki jika ingin sukses menekuni bisnis online:

"Anda harus memiliki website sendiri (Premium atau berbayar)."

Karena di website ini nantinya Anda bisa mempromosikan produk dan jasa yang akan dijual.

Anda memang tetap bisa berbisnis tanpa memiliki website sendiri. Tapi tidak akan seleluasa kalau berjualan di website sendiri.

Sekarang pilihan ada di tangan Anda. Silahkan pertimbangkan baik-baik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini