Segera Dibangun! Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta

Segera Dibangun! Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta
info gambar utama
  • Terminal 4 akan segera dibangun di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
  • Pembangunan dimulai pada 2021 dan diproyeksi selesai pada 2024.
  • Jika telah rampung dibangun, secara keseluruhan Bandara Soetta dapat menampung 110 juta penumpang per tahunnya.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, akan memiliki terminal baru. PT. Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan, proyek Terminal 4 telah dimulai dan saat ini tengah memasuki tahap penjurian desain pada 20-21 Agustus 2019.

Dilansir dari siaran pers yang diterbitkan PT. Angkasa Pura II (Persero), penjurian desain Terminal 4 mencakup penilaian pada conceptual design, schematic design, design development, dan detail engineering design.

Dua konsorsium telah lolos seleksi dan kini sedang mengikuti proses penjurian desain. Nantinya, Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan berdiri di lahan seluas 130 hektare. Pembangunannya dimulai pada 2021 dan diperkirakan selesai pada 2024.

BACA JUGA: Asrinya Bandara Hijau Pertama di Indonesia

"Seluruh kebutuhan tanah sudah dimiliki oleh Angkasa Pura II sehingga kami targetkan proses konstruksi nantinya bisa dilakukan dengan lancar. Tanah tersebut adalah yang saat ini digunakan untuk lapangan golf, perkantoran, dan terminal kargo," ujar Ph. SVP of Head of Corporate Secretary and Legal AP II, Achmad Rifai, dalam keterangan resminya.

"Seiring dengan pembangunan Terminal 4 maka kawasan kargo akan dipindah dan dikembangkan menjadi cargo village yang juga dapat mengakselerasi pertumbuhan perekonomian Indonesia," imbuhnya.

Lahan untuk dibangun Terminal 4 | Foto: PT. Angkasa Pura II (Persero)
info gambar

Fitur-fitur Terminal 4

Jika telah selesai dibangun, Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menjadi terminal terbesar di bandara Indonesia. Kapasitasnya dapat menampung 40-45 juta penumpang dalam setahun, jauh melebihi terminal terbesar saat ini, yakni Terminal 3, yang berkapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Terminal yang berdesain futuristik dengan mengadopsi kebudayaan lokal ini juga akan memiliki fitur-fitur modern nan futuristik, karena mengusung konsep Smart Mobility, Smart Environment, dan Smart Security.

Untuk Smart Mobility, Terminal 4 akan memiliki self check-in counter, self baggage-drop, dan sejumlah fasilitas lainnya.

Lalu untuk Smart Environment, terminal ini akan menjadi eco-green airport yang dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain smart grid dan intelligent building management system.

Terakhir, terkait Smart Security, Terminal 4 akan ditunjang fasilitas full body scanner X-Ray dan smart CCTV.

BACA JUGA: Ke Bandung... Surabaya... Bolehlah Naik dengan Garuda

"Keseluruhan konsep yang ada di Terminal 4 sangat memperhatikan seluruh proses seperti keberangkatan, check-in, kedatangan, transit, komersial, hingga transportasi publik dari dan ke terminal. Dilengkapi juga teknologi informasi terkini, Terminal 4 akan membawa harum nama Indonesia di tingkat global," terang Achmad Rifai.

Jika Terminal 4 telah selesai dibangun dan proses revitalisasi Terminal 1 dan 2 sudah rampung, Bandara Internasional Soekarno-Hatta total dapat menampung 110 juta penumpang per tahun.

Rinciannya, Terminal 1 dan 2 berkapasitas keseluruhan 40 juta penumpang, Terminal 3 yang menampung 25 juta orang, dan Terminal 4 yang daya tampungnya mencapai 45 juta penumpang.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini