125 Tahun Hadir, Inilah Kegiatan Dari Museum Zoologi Bogor

125 Tahun Hadir, Inilah Kegiatan Dari Museum Zoologi Bogor
info gambar utama

Museum Zoologi Bogor merayakan hari jadinya yang ke-125 di Pusat Sains Cibinong, Kebun Raya Cibinong, pada hari Selasa.

Enny Sudarmonowaty, wakil kepala Departemen Biologi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan bahwa museum ini adalah pintu gerbang untuk memahami lebih dalam keanekaragaman hayati hewan Indonesia.

Salah satu spesimen yang ada di Museum Zoologi Bogor | Sumber: Direktori Dinas Pariwisata se-Indonesia
info gambar

Museum zoologi aktif dalam melakukan penelitian dan eksplorasi keanekaragaman hayati Indonesia yang kaya, kata Enny. Penelitian ini penting sebagai referensi untuk perlindungan satwa liar.

Menurut Enny, museum ini sering melakukan penelitian penting pada sistem bio-hewan dan ekologi, hilangnya keanekaragaman hayati, potensi sumber daya hayati, mitigasi invasi spesies asing dan perlindungan serta konservasi satwa liar.

Sementara itu, Taufiq Purna Nugraha, koordinator kegiatan revitalisasi Museum Zoologi Bogor, mengatakan 240 kegiatan eksplorasi di seluruh Indonesia telah diprakarsai oleh museum ini bersama dengan Kebun Raya Bogor.

Selain spesimen yang dipamerkan, museum ini juga memiliki 3 juta spesimen lain yang tidak dipamerkan. Jumlah ini akan terus bertambah setiap tahun, membuat Museum Zoologi Bogor menjadi rumah penting bagi studi keanekaragaman hayati Asia Tenggara.


Catatan kaki: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini