Akhirnya! Setelah 2 Tahun Ditunggu, Makassar Biennale Resmi Dibuka

Akhirnya! Setelah 2 Tahun Ditunggu, Makassar Biennale Resmi Dibuka
info gambar utama

Akhirnya setelah 2 tahun ditunggu Makassar Biennale dibuka juga secara resmi pada tanggal 1 September 2019 bertempat di Gedung Kesenian Makassar ( Societeit De Harmonie).

Tetap confident mengusung tema “Maritim” sebagai Biennale termuda di Indonesia yang tahun ini menjadikan “ Migrasi - Sungai - Kuliner “ sebagai simpul berjejaring dan kolaborasi berbagai komunitas, seniman dan kurator.

Berbagai agenda acara akan tersaji untuk selama 60 hari seperti Pameran Seni Rupa 2 tahunan yang juga dipadatkan oleh program residensi seniman dan kurator, simposium, diskusi, workshop dan pertunjukan seni. Dan uniknya tempatnya bukan cuma di Kota Makassar tapi dilanjutkan dengan rute marathon ke Bulukumba, Parepare dan Polewali Mandar. 2 Propinsi ( Sulsel dan Sulbar) dan 4 kota menjadi tuan rumah Makassar Biennale kali ini.

Di barisan kurator ada nama seperti Anwar Jimpe Rahman dan Nirwan Ahmad Arsuka (Indonesia), Lin Chen-Wei (Taipei) serta Leah A Valle (Filipina) yang mendampingi beberapa seniman yang mereka pilih.

Malam pembukaaan dimulai dengan sajian Tarian Khas Makassar dari Sanggar Pusaka. Dalam acara pembukaan ini hadir Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Hilmar Farid), Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Bekraf (Yuana Rochman Astuti), Kabid Kesenian dan Ekraf Sulawesi Selatan ( Drs. Teken), serta berbagai perwakilan komunitas dan undangan.

Anwar Jimpe Rahman selaku Direktur Makassar Biennale memberikan sambutan pertama sambil mengajak seluruh kurator dan seniman yang hadir ke atas panggung. Disusul dengan Dinas Pariwisata Sulsel yang akan menjadikan event ini sebagai usulan untuk program kerja pemerintah nantinya.

Didalam sambutannya Dirjen Kebudayaan menitipkan pesan semestinya seni rupa tidak dipandang sebagai tujuan melainkan metode menuju reproduksi pengetahuan baru, ruang untuk menghubungkan banyak fragmen kehidupan yang selama ini terpisah.

Ditambah dengan pernyataan oleh Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Bekraf. Pergerakan Seni Rupa Indonesia Timur perlu lebih didorong dan didukung terutama Makassar Biennale apalagi dengan tema yang lebih kompleks yang melibatkan puluhan seniman dan kolaborasi kurator Indonesia dan Internasional yang dislenggarakan di empat titik. Kehadiran beliau merupakan bukti bahwa pemerintah akan terus hadir mendampingi komunitas dan pecinta seni seperti harapan beliau dan jajaran tim di BEKRAF demi solidnya progress dan output salah satu subsektor ekonomi kreatif ini.

Acara malam itu ditutup oleh musikalisasi puisi Andi Rewo, penampilan Kolektif Pop dan Bedroom Soundclub.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini