Mengenal Stasiun Kereta Api Terdekat dari Bandara Baru Yogyakarta

Mengenal Stasiun Kereta Api Terdekat dari Bandara Baru Yogyakarta
info gambar utama

Mungkin kita bertanya-tanya, bagaimana akses dari dan ke Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) yang baru dibangun di Kulon Progo bagian selatan, dekat dengan laut. Dari peta saja sudah terlihat, bandara ini jauh dari pusat kota Yogyakarta. Kabar baiknya adalah, saat ini sudah ada kereta api yang melayani hingga stasiun terdekat dari bandara baru tersebut, yakni Stasiun Wojo.

Stasiun ini terletak di Jalan Raya Wates-Purworejo, Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Inilah stasiun yang sedang diusulkan menjadi cagar budaya, yang merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Diperkirakan pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Yogyakarta-Maos yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik Pemerintah Hindia Belanda, Staatsspoorwegen (SS) pada tahun 1877 sebagai lanjutan dari proyek jalur Solobalapan-Yogyakarta. Jalur sepanjang 155 kilometer ini, pengerjaannya dimulai dari Yogyakarta di sebelah timur menuju ke Maos di sebelah barat.

Stasiun Wojo | kabarpenumpang.com
Stasiun Wojo | kabarpenumpang.com

Stasiun ini hanya untuk persusulan antarkereta api saja. Dilihat sepintas, bangunan Stasiun Wojo ini memiliki kemiripan dengan Stasiun Solo Kota (di Solo) dan Stasiun Sukoharjo dengan kekhasan berupa desain atapanya dan ventilasi bulat dengan terali besi kotak-kotak.

f
info gambar

Stasiun kereta api kelas kecil yang berada paling tenggara di Kabupaten Purworejo dan dekat dengan perbatasan Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini nantinya akan menjadi salah satu titik transit ke Bandara YIA, dan akan dilanjutkan dengan shuttle bus dengan waktu tempuh 15 menit.

Dipilihnya Stasiun Wojo sebagai stasiun transit dari dan ke NYIA bukan tanpa alasan. Berdasarkan citra satelit, jarak dari stasiun itu ke bandara hanya berkisar 6 kilometer.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini