5 Destinasi Wisata di Ibu Kota Indonesia yang Baru

5 Destinasi Wisata di Ibu Kota Indonesia yang Baru

Rumah Panjang, Kalimantan Timur © Sumber: Di Rumah Aja Ya

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Mengingat rencana untuk memindahkan ibu kota Indonesia, semua mata tertuju pada Kalimantan Timur, provinsi yang diproyeksikan menjadi ibu kota yang baru. Bagian dari ibu kota terletak di Kutai Kartanegara, sebuah kabupaten yang terkenal dengan tujuan wisata bersejarah yang menarik.

Di bawah ini tercantum lima tujuan wisata yang patut untuk dikunjungi di Kutai Kartanegara, seperti yang disusun oleh KompasTravel.

1. Museum Mulawarman

Berlokasi di Jl. Tepian Pandan, Panji, di kota Tenggarong, yang merupakan ibu kota Kutai Kartanegara, Museum Mulawarman menampung lebih dari 5.000 artefak.

Koleksi museum ini meliputi patung-patung, perabotan kuno, tempat tidur yang dihiasi dengan kain doyo buatan tangan dan barang-barang dari dinasti Ming, Qing, dan Yuan. Dinamai setelah Raja Mulawarman dari kerajaan Kutai kuno, museum ini berdiri dekat dengan Mahakam, salah satu sungai terbesar di Indonesia.

2. Taman Kota Raja Tenggarong

Penduduk Tenggarong sering menikmati piknik di taman kota ini, yang dikenal dengan patung seperti pohon. Taman ini buka 24 jam sehari, dan pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Pesona utama taman ini adalah latar belakangnya, Jembatan Kartanegara yang melintas di atas Sungai Mahakam.

3. Ladang Budaya

Secara harfiah diterjemahkan menjadi "bidang budaya", Ladang Budaya juga dikenal sebagai Ladaya. Memiliki kebun binatang mini yang menampung burung enggang, beruang madu, siamang, dan merak Borneo. Destinasi ini, juga terletak di Tenggarong, memiliki tempat menarik untuk berfoto selfie juga.

4. Pulau Kumala

Pulau kecil di Sungai Mahakam, Kumala membentang di sebelah barat Tenggarong. Pulau ini memiliki menara langit yang terbuka untuk umum, dari mana orang dapat menikmati pemandangan kota dari udara. Selain itu, area bermain anak-anak dan kereta gantung menjadikan pulau ini tujuan yang ideal untuk seluruh keluarga.

5. Bukit Biru

Situs ini adalah objek wisata alam yang populer di kalangan penduduk Kutai Kartanegara. Orang-orang biasanya pergi ke Bukit Biru pada sore hari untuk menikmati matahari terbenam.


Catatan kaki: Jakarta Post

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Sama-sama Jawa, Tapi Kok Beda ? Sebelummnya

Sama-sama Jawa, Tapi Kok Beda ?

Ikon Baru Perguruan Tinggi N.U yang Berumur Tujuh Tahun Selanjutnya

Ikon Baru Perguruan Tinggi N.U yang Berumur Tujuh Tahun

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.