7 Bandara Indonesia Jadi yang Terbaik se-Asia Pasifik

7 Bandara Indonesia Jadi yang Terbaik se-Asia Pasifik

Ilustrasi ruang tunggu bandara © VanveenJF/Unsplash

  • Total 22 penghargaan diraih oleh enam bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura II (Persero).
  • Penghargaan tersebut didapat dari Airport Council International (ACI).
  • Kemudian Bandara Sepinggan yang dikelola PT. Angkasa Pura I juga meraih penghargaan dari ACI

PT. Angkasa Pura II (Persero) baru saja dinobatkan sebagai salah satu operator bandara terbaik di Asia Pasifik. Predikat ini didapat usai PT. AP II diganjar 22 penghargaan bergengsi oleh Airport Council International (ACI).

ACI merupakan satu-satunya perwakilan global dari otoritas bandara di dunia, yang mengembangkan standar, kebijakan, serta pelatihan untuk meningkatkan standar bandara di seluruh dunia.

22 penghargaan Airport Service Quality Award 2018 dari ACI diserahkan ke enam bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura II (Persero) pada Rabu (4/9) kemarin. Penghargaan diberikan dalam acara Customer Experience Global Summit 2019 yang digelar di Nusa Dua, Bali.

Dilansir dari siaran pers yang diterbitkan PT. Angkasa Pura II (Persero), enam bandara AP II meraih penghargaan setelah melalui proses survei Airport Service Quality yang digelar oleh ACI. Survei tersebut dilakukan terhadap penumpang pesawat di 380 bandara yang ada di 90 negara.

BACA JUGA: Dengan East Connecting Taxiway, Lepas Landas dan Pendaratan Pesawat Jadi Lebih Cepat

Acara pemberian penghargaan ACI. Enam bandara yang dikelola PT. AP II raih total 22 penghargaan | Foto: PT. Angkasa Pura II

Keenam bandara pemenang penghargaan ini adalah:

Bandara Sultan Syarif Kasim II – Pekanbaru

- Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific)

- Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)

- Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)

- Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 million passengers)

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang

- Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific)

- Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)

- Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)

- Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 million passengers)

Bandara Sultan Thaha – Jambi

- Best Airport by Size and Region (Under 2 million passengers in Asia-Pacific)

- Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)

- Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)

- Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)

Bandara Depati Amir – Pangkalpinang

- Best Airport by Size and Region (Under 2 million passengers in Asia-Pacific)

- Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)

- Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)

- Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)

Bandara Silangit – Siborong-borong

- Most Improved Airport in Asia-Pacific

- Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)

- Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)

- Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)

Bandara Raja Haji Fisabilillah – Tanjung Pinang

- Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)

- Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)

BACA JUGA: Mau Liburan? Inilah Ketentuan Bagasi untuk Maskapai Indonesia

Sementara itu, Bandara Sepinggan di Balikpapan yang dikelola PT. Angkasa Pura I juga meraih penghargaan dari ACI, tapi beda kategori. Bandara bernama lengkap Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) tersebut dinobatkan jadi yang terbaik se-Asia Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta per tahun. Prestasi ini juga menyamai pencapaian tahun lalu.

Bandara Sepinggan Balikpapan sukses meraih penghargaan di empat kategori, yakni

- Bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.
- Bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.
- Bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.
- Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Presiden Direktur PT. Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan penghargaan tertinggi Airport Service Quality 2018 dari ACI ini merupakan hasil dari transformasi pelayanan yang sudah dilakukan perseroan sejak 3 tahun lalu.

Ia menambahkan, transformasi pelayanan antara lain didukung pengembangan infrastruktur fisik dan penerapan teknologi informasi disertai dengan peningkatan sumber daya manusia.

Kemudian Direktur Utama PT. Angkasa Pura I (Persero), menyampaikan penghargaan ini adalah bukti nyata kerja keras dan fokus Angkasa Pura I untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara.

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli25%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Surga Tersembunyi di Pantai Pacitan Sebelummnya

Surga Tersembunyi di Pantai Pacitan

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.