Langit September Ini : Hujan Meteor, Jupiter, Saturnus & Galaksi Bima Sakti akan Terlihat di Langit Indonesia

Langit September Ini : Hujan Meteor, Jupiter, Saturnus & Galaksi Bima Sakti akan Terlihat di Langit Indonesia
info gambar utama

Langit di hari-hari sepanjang bulan September akan dihiasi dengan hujan meteor. Akan ada hujan meteor yang dapat disaksikan di wilayah Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa fenomena langit menarik lainnya dari posisi planet juga penampakan galaksi Bima Sakti.

Pada tanggal 5-21 September 2019, hujan meteor Epsilon Perseid yang berasal dari debu komet Swift-Tuttle akan dapat disaksikan di langit dengan puncaknya pada 10 September pukul 6 pagi. Hujan meteor tersebut akan dating dari rasi Perseus. Akan ada 5 meteor yang terlihat setiap jam dengan kecepatan 64 kilometer perjam.

Meteor epsilon perseid akan dimulai pada pukul 22.30 hingga fajar. Namun Avivah Yamani, penggiat komunitas astronomi Langit Selatan mengatakan, saat terbaik untuk menyaksikan hujan meteor ini pukul 4 pagi.

Pada 6 September, Planet Jupiter dan bulan akan tampak berdekatan. Hal ini akan dimulai sejak matahari terbenam hingga tengah malam. Lalu pada 8 September, planet Saturnus akan terlihat bersanding dengan bulan.

Sementara pemandangan galaksi Bima Sakti akan dapat disaksikan pada akhir September dengan waktu pengamatan mulai tengah malam.

--

Sumber : Tempo.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini