Indonesia Memiliki Perpustakaan Terbanyak Nomor 2 di Dunia

Indonesia Memiliki Perpustakaan Terbanyak Nomor 2 di Dunia
info gambar utama

Siapa sangka jika Indonesia menjadi negara peringkat kedua yang memiliki perpustakaan terbanyak di seluruh dunia?

Kepala Perpustakaan RI, Drs Muh Syarif Bando, mengatakan, baru-baru ini perpustakaan nasional Indonesia ditetapkan sebagai top leader dalam open access sesuai dengan paradigma, yaitu perpustakaan mengjangkau masyarakat.

Jumlah perpustakaan di Indonesia (per 2019) sebanyak 164.610. Sedangkan urutan pertama ditempati oleh India, sebanyak 323.605 perpustakaan. Di urutan ketiga adalah Rusia, dengan 113.440 perpustakaan dan 105.831 perpustakaan di China.

Saat ini yang harus ditingkatkan adalah, bagaimana caranya agar masyarakat sering berkunjung ke perpustakaan.

Muh Syarif menjawab, perpustakaan tersebut dapat memberi akses kepada masyarakat. Salah satunya dengan teknologi seperti Perpustakaan Nasional, yang memiliki aplikasi elektronik di mana masyarakat yang kurang minat menjadi minat dan mendaftar anggota tetap & membaca buku koleksi perpustakaan melalui ponselnya. Mengingat Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 16 sebagai negara gemar membaca seluruh dunia.

--

Sumber : TribunNews, Okezone

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini