Mobil Esemka dan 'Skuat Lokal' Pemasok Komponennya

Mobil Esemka dan 'Skuat Lokal' Pemasok Komponennya

Mobil pikap Esemka Bima © setkab.go.id

  • Mobil Esemka resmi diluncurkan dan siap melahap aspal jalanan.
  • Mobil buatan PT. Solo Manufaktur Kreasi ini disokong oleh pemasok komponen dari dalam negeri.
  • Para pemasok komponen ini telah berpengalaman di bidangnya masing-masing, mulai dari PT. Usra Tampi hingga PT. INKA.

PT. Solo Manufaktur Kreasi resmi meluncurkan mobil Esemka. Mobil karya anak bangsa ini diproduksi dalam dua jenis, yakni mobil pikap yang dinamakan Bima dan mobil SUV bernama Garuda 1.

Mobil Esemka Bima 1.2 dan 1.3 dibanderol dengan harga off the road sekitar Rp 110 juta. Nominal tersebut didapat dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp 81 juta, ditambah Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) Rp 87,885 juta yang dikalikan 30 persen.

Kemudian untuk Esemka Garuda 1, NJKB-nya Rp 209 juta dan DP PKB Rp 219,45 juta. Dengan demikian, menurut penghitungan yang sama dengan Permendagri, harga off the road Garuda 1 akan berkisar di angka Rp 274,83 juta.

BACA JUGA: Merajut Asa Bersama Produksi Mobil Nasional ESEMKA

Pabrik mobil Esemka di Boyolali | Foto: setkab.go.id

Presiden Direktur PT. Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, mengklaim sebagian besar komponen mobil Esemka dipasok oleh pemasok lokal. Mereka di antaranya adalah PT. Cikarang Perkasa Manufacturing, PT. Usra Tampi, PT. Tokyo Radiator Selamat Sempurna, PT. Armada Indah Agung Glass, PT. Pasindo, PT. Indospring Tbk., dan PT. INKA.

Klaim ini sekaligus menjadi bantahan mengenai komponen-komponen mobil Esemka yang diimpor dari Tiongkok.

Dilansir dari Republika, PT. Cikarang Perkasa Manufacturing adalah pemasok komponen blok mesin dan blok transmisi untuk mobil Esemka Bima. Selain menjadi pemasok untuk Esemka, pabrik ini juga memasok komponen untuk Suzuki, Isuzu, Mitsubishi, dan General Motors.

Lalu PT. Usra Tampi merupakan pemasok komponen dashboard dan roda kemudi (setir). Reputasi PT. Usra Tampi sangat bagus, karena telah memasok beberapa komponen body dan trim pilar Mitsubishi Outlander Sport.

Kemudian untuk pemasok radiator, mobil Esemka memercayakannya pada PT. Tokyo Radiator Selamat Sempurna. Pabrik yang berlokasi di Komplek Industri ADR, Kadu Jaya, Curug, Tangerang, Banten, ini telah berpengalaman lebih dari 40 tahun.

BACA JUGA: Lihat Kemiripan Esemka Garuda 1 Dengan Foday Landfort

Sebagian besar komponen mobil Esemka dipasok oleh pemasok lokal | Foto: setkab.go.id

Selanjutnya, rem mobil Esemka dipasok oleh PT. Pasindo yang juga memasok suku cadang alat berat untuk Caterpillar, Komatsu, Hitachi, dan Daewoo.

Shockbreaker Esemka dipasok oleh PT. Indospring Tbk. Pabrik tersebut juga menjadi pemasok pegas perangkat suspensi untuk Astra Honda Motor (AHM), Daewoo, Daihatsu, Hino Hyundai, Isuzu, General Motors, Kawasaki, Kia Motors, Nissan, Suzuki, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, dan KYB.

Terakhir adalah PT. INKA. Pabrik yang dikenal sebagai produsen armada kereta api untuk PT. KAI ini memasok komponen tangki bahan bakar dan sasis untuk mobil Esemka.

Referensi: Tempo.co | Republika

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli33%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Produk-Produk Indonesia Akhirnya Punya Toko Khusus di Korea Utara Sebelummnya

Produk-Produk Indonesia Akhirnya Punya Toko Khusus di Korea Utara

Catat Tanggalnya. Inilah Jadwal Gelaran Formula E di Jalanan Jakarta Selanjutnya

Catat Tanggalnya. Inilah Jadwal Gelaran Formula E di Jalanan Jakarta

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.