5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Tegal

5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Tegal
info gambar utama

Ada rencana berlibur ke Tegal, Jawa Tengah, bersama keluarga? Meski tergolong kota kecil, Tegal memiliki beragam destinasi menarik. Beberapa tempat wisata ini dirancang agar sesuai dan aman untuk dikunjungi anak-anak.

Tempat wisata mana yang bisa menjadi pilihan untuk liburan? Berikut daftar 5 destinasi wisata ramah anak di Tegal;

1. Rita Park

Terletak di Rita Mall, Kompleks Kota Tegal, Rita Park menyajikan wahana mewah seperti yang tersedia di Jawa Timur Park atau Jatim Park dan Dufan. Bahkan, Rita Park disebut sebagai Dufan mini oleh mereka yang sudah pernah berkunjung.

Rita Park membentang di atas lahan 2,5 hektar. Itu sebabnya, Rita Park mendapat gelar taman bermain terluas di Jawa Tengah. Kurang lebih ada 22 wahana yang ditawarkan oleh Rita Park. Wahana tersebut aman untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Beberapa wahana populer di Rita Park termasuk Frog Jump, Mini Coaster, Shark Island, Swivel Horse, Sepeda Terbang, Sky Drop, dan Flying Tiger. Sebagai pendukung, Rita Park juga dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti area parkir, mushola, toilet, dan food court. Anda yang ingin membeli oleh-oleh juga tersedia di kompleks Taman Rita.

2. Agrowisata Loco Antik Pangkah

Banyak yang tidak tahu tentang keunikan Agrowisata Wisata Loco Antik. Lokasi agrowisata ini berada di kompleks pabrik gula, Kabupaten Pangkah. Di sini, ada beberapa lokomotif tua buatan tahun 1927. Lokomotif yang ada disini digerakkan oleh diesel.

Agrowisata Loco Antik Pangkah | Sumber: Hargatiket.net
info gambar

Jumlah gerbong yang ditarik oleh lokomotif terdapat sebanyak tiga buah gerbong dengan kapasitas sekitar 75-100 penumpang. Anda bisa mengajak keluarga menaiki lokomotif antik saat musim panen di Pangkah. Mengambil rute di sekitar kebun tebu di Kabupaten Pangkah.

Selain lokomotif, tempat ini juga menawarkan 25 tempat foto keren di Umah Andon Foto. Ada juga ruang pendidikan tentang proses pembuatan gula dan perkebunan tebu.

3. Rumah Wayang

Apakah Anda ingat sosok almarhum Ki Enthus Susmono? Pria itu, yang dijuluki dalang gila, mendirikan Consorium Rumah Wayang. Lokasinya berada di Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

Dewan Rumah Wayang menghadirkan berbagai jenis boneka. Ada boneka, boneka, boneka, dan boneka. Di sini ada juga koleksi wayang kreasi kontemporer. Selain itu, ada juga lukisan wayang, senjata, foto Ki Enthus Susmono, gamelan, keris, dan batik.

4. Taman Sulaku Bumijawa

Taman Sulaku Bumijawa memiliki keunikan tersendiri. Area ini menawarkan permainan air di area dengan suhu 20 derajat Celcius. Selain itu, Taman Sulaku dikelilingi oleh panorama pegunungan yang indah dan hijau, agrowisata, memancing, dan tempat-tempat outbond.

Di Taman Sulaku Bumijawa juga ada toko herbal. Sehingga pengunjung dapat mengajak keluarga untuk minum herbal bersama di tempat itu. Tidak hanya itu, Taman Sulaku juga menyediakan fasilitas ATV untuk mengelilingi taman.

Jika Anda penasaran dengan tempat wisata ini, Anda bisa menuju ke lokasi di Desa Bandasari, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

5. Wisata Kesehatan Herbal Kalibakung

Galeri Rumah Wayang | Sumber: Kabupaten Tegal
info gambar

Apakah kawan suka minum jamu? Dengan mengunjungi Wisata Pengobatan Herbal Kalibakung Tegal (WKJ), Anda akan disuguhi berbagai tanaman herbal untuk bahan herbal. Selain itu, area WKJ menawarkan pemandangan sawah yang luas dan sungai-sungai kecil yang menyegarkan pemandangan.

Catatan kaki: Netral News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini