5 Stadion di Indonesia yang Bisa Menggelar Piala Dunia

5 Stadion di Indonesia yang Bisa Menggelar Piala Dunia
info gambar utama
  • Inilah daftar 5 stadion yang bisa dipakai Indonesia jika jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.
  • Beberapa stadion ada yang memenuhi semua persyaratan, ada juga yang harus melakukan pembenahan.
  • Indonesia mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Asia Tenggara.

Impian menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 terus diupayakan PSSI bersama federasi sepak bola di Asia Tenggara lainnya. Jika jadi terpilih, Indonesia punya kabar baik, karena setidaknya ada lima stadion yang bisa menggelar hajatan akbar tersebut.

Untuk saat ini memang baru Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang paling memenuhi semua syarat, tapi apabila empat stadion lainnya di daftar ini melakukan perombakan, niscaya akan menambah koleksi stadion bertaraf Piala Dunia di Tanah Air.

Berikut adalah daftarnya!

Pembukaan Asian Games 2018 di SUGBK | Foto: presidenri.go.id
info gambar

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Tak diragukan lagi, stadion inilah yang menjadi salah satu ikon sepak bola Indonesia. Dengan kapasitas 77.193 penonton, SUGBK bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia di babak apapun, baik penyisihan grup, fase gugur, bahkan laga final.

Stadion Pakansari di Bogor | Foto: Andika Wahyu/ANTARA Foto
info gambar

Stadion Pakansari

Beralih ke selatan Jakarta tepatnya di Bogor, ada Stadion Pakansari yang merupakan 'kandang kedua' timnas Indonesia. Stadion yang menjadi markas PS Tira-Persikabo ini juga sudah berpengalaman menghelat pertandingan internasional, seperti Piala AFC dan beberapa laga persahabatan tim Garuda.

BACA JUGA: Kalau Suporternya Tidak Dewasa, Timnasnya Ya Gitu-gitu Aja

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring | Foto: timindonesia.id
info gambar

Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ)

Walau klub yang berkandang di GSJ bertarung di Liga 2, tapi bukan berarti stadion ini kelas dua. GSJ yang berlokasi di Palembang tahun lalu menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di cabor sepak bola perempuan. Namun demikian untuk menggelar Piala Dunia, GSJ perlu beberapa perombakan. Harus dibangun atap untuk menutupi tribun, dan kapasitas harus ditambah menjadi minimal 40 ribu penonton.

Stadion Papua Bangkit | Foto: lintaspapua.com
info gambar

Stadion Papua Bangkit

Memang belum dibuka secara resmi, dan baru akan dipakai penuh di PON Papua 2020. Meski begitu, fasilitas yang terdapat di Stadion Papua Bangkit sangat memenuhi kualifikasi untuk jadi tuan rumah Piala Dunia. Stadion yang direncanakan jadi kandang Persipura Jayapura ini berkapasitas 40.200 penonton, dan ditunjang rumput kualitas internasional.

BACA JUGA: FIFA: Indonesia Akan Bersaing Dengan 2 Negara dalam Bidding Piala Dunia U-20 2021

Stadion Gelora Bung Tomo | Foto: persebaya.id
info gambar

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

Atmosfer dukungan suporter yang luar biasa jadi nilai lebih stadion berkapasitas 55.000 penonton ini. Lokasinya yang terletak di Surabaya juga menjadi keunggulan tersendiri dari segi fasilitas penunjang seperti hotel, fans zone, dan rumah sakit. Meski demikian GBT perlu membenahi akses menuju ke stadion, dan membuat area sekitar stadion jadi lebih ramah sinyal ponsel.

Referensi: FOX Sports Asia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini