Kate, Ayam Hias Asal Indonesia

Kate, Ayam Hias Asal Indonesia

Ayam Kate ekor kipas © youtube.com

Flora dan fauna di Indonesia sangatlah luar biasa banyaknya. Salah satu fauna indah dari Indonesia adalah ayam kate, ayam dengan bentuk yang sangat mungil ini ternyata berasal asli dari Indonesia. Ayam kate atau ayam katai atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Bantam chicken, pertamakali ditemukan oleh para pedagang Eropa, sekitar tahun 1700an di pelabuhan di pulau Jawa bernama Bantam, atau kita lebih mengenalnya sebagai Karesidenan Banten, atau sekarang Provinsi Banten.

Karena bentuknya yang mini dan lucu, ayam jenis ini banyak digunakan sebagai ayam hias, bukan ayam pedaging atau petelur. Dari pertamakali ditemukan oleh para pedagang Eropa pada tahun 1700an tersebut, jenis ayam ini cukup cocok jika digunakan sebagai ayam hias rumah Anda memiliki keindahan pada bulunya.

Ayam Kate Batik | sumber: insta.orenya.com

Ayam kate memiliki postur tubuh yang berbeda dari jenis ayam lainnya. Jenis ayam ini memiliki tubuh yang mungil dan unik. Ayam ini merupakan jenis ayam yang jinak, manja juga mengenal pemiliknya, ayam kate sudah banyak mengalami persilangan, dan populasi asli ayam kate sendiri sudah sangat kecil.

Dalam budidaya ayam kate ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Pakan

Pakan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam budidaya ayam. Jenis pakan yang diberikan sama halnya dalam pemberian pakan pada jenis ayam lainnya. Hanya saja, untuk ayam kate porsinya lebih sedikit mengingat badannya yang kecil. Makanan ayam kate dapat berupa bekatul, dedak, jagung, gabah beras serta jenis kacang-kacangan lainnya.

2. Kandang ayam kate

Sama seperti manusia, kandang berperan sebagai rumah bagi ayam kate. Sehingga, kandang sebaiknya dibuat kokoh dan aman dari serangan baik itu predator maupun manusia. Dalam pemeliharaan kebersihan kandang sebaiknya dapat dilakukan setiap hari.

3. Produktivitas

Dalam produktifitasnya, untuk saat ini pemeliharaan Ayam Kate dari tahun ke tahun mengalami peningkatan beriringan dengan semakin meningkatnya peminat jenis ayam ini. Ayam kate tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk ditetaskan kembali, meskipun tak jarang juga telur ayam ini dikonsumsi. Telur ayam kate memiliki rasa yang enak gurih dan baik untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis ayam kate :

  1. American GamBantam
  2. Belgian Bearded d’Anvers
  3. Ayam Kate Jambul Mekar
  4. Barbu dee Grabbe
  5. Ayam Kate Burma
  6. Ayam Kate Jepang
  7. Ayam Kate Pictave
  8. Ayam Kate Batik
  9. Ayam Kate Berbulu
  10. Ayam Kate Serama

Ayam kate serama adalah ayam kate terkecil di dunia, jenis kate ini konon katanya berasal dari Negeri Malaysia. Ayam kate ini banyak diminati oleh masyarakat luas dikarenakan mempunyai corak yang sangat khas sekali. Mulai dari corak bulu yang sangat menawan, postur tubuh yang tegak hampir 90 derajat, dan posisi dada yang sedikit diangkat keatas menambah keunikan dari ayam kate ini.

Ayam Kate Serama | sumber: surgaduniasatwa.blogspot.com

Ayam serama dapat tumbuh hingga umur 15 tahun. Untuk berat ideal ayam kate serama kisaran 500 gram atau 1/2 kg. Ciri ayam kate serama yang sangat cantik terdapat pada ekor yang menjulang keatas dan kepak sayap lurus kebawah. Ayam kate serama ini termasuk kedalam hewan peliharaan yang sangat jinak, manja dan mengenal pemeliharaanya.

Dengan ciri khas ayam kate serama seperti ini siapa yang tidak terpikat hatinya untuk memiliki dan memelihara ayam kate serama. Masyarakat Indonesia pun banyak meminati jenis ayam ini.

Catatan kaki: Ayam Kate-Ayam Serama | Bantam | Budidaya Ayam Kate | Jenis-jenis Ayam Kate

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Yufi Eko Firmansyah

Silase, Cadangan Pakan Ternak Saat Kemarau Sebelummnya

Silase, Cadangan Pakan Ternak Saat Kemarau

SELAMAT! Claudia Gadis Cirebon Raih Kemenangan di Final the Voice of Germany Selanjutnya

SELAMAT! Claudia Gadis Cirebon Raih Kemenangan di Final the Voice of Germany

Fikri Abdul Karim
@fikriabdulkarim

Fikri Abdul Karim

Panggil aja Zaqi, kalau mau tau lebih Follow Instagram, Twitter, dan Facebooknya gaes. Hobby ku Nge Game. Terutama PUBG di Invite ya : SVR | Akagami

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.