HUT ke-73, TNI AL Fokus pada Pembangunan SDM

HUT ke-73, TNI AL Fokus pada Pembangunan SDM
info gambar utama

TNI AL merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-74. TNI AL berharap menjadi institusi yang menopang pembangunan sumber daya unggul untuk Indonesia maju.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyebut tahun ini akan menjadi tahun prioritas untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Hal ini sejalan dengan visi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Selaras dengan visi pemerintahan ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI AL tahun ini adalah peningkatan pembangunan SDM karena tingginya tingkat profesionalisme," ucap Siwi dalam sambutannya di Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta, Selasa (10/9/2019), dilaporkan detikcom.

Sejumlah pasukan TNI AL ikut serta dalam defile peringatan HUT TNI AL ke-74 di Jakarta, Selasa (10/9/2019). Foto: detikcom
info gambar

"Pada HUT hari ini, tema yang diambil adalah 'Bersama Rakyat TNI AL Siap Membangun SDM Unggul Fondasi Indonesia Maju'. Perlu kita sadari bersama bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam konsep fisik dan moral. Dalam faktor sumber daya manusia, di situlah unggulnya," ucap Siwi.

TNI AL bukan hanya dituntut untuk profesional. Tapi juga harus mengikuti perkembangan zaman.

"Kebijakan pembangunan, selain untuk mencapai kesiapan operasional, juga diarahkan ke peningkatan profesionalisme personel, lembaga pendidikan, dan pelatihan di lingkungan AL harus mampu mengimbangi perkembangan pengetahuan dan tantangan tugas," kata Siwi.

TNI AL memperingati HUT ke-74. Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
info gambar

"Ke depan kita harus menguasai keterampilan dan ilmu pengetahuan keangkatan lautan sekaligus dan berkarakter yang kuat," imbuhnya.

Menurut laporan Liputan6.com TNI AL memamerkan alutsista, parade pasukan, dan atraksi ketangkasan

Upacara diikuti pasukan TNI AL dan ada pula beberapa undangan, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Kepala Polri Komjen Ari Dono Sukmanto. Enam Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan alutsista lainnya dari Marinir diikutsertakan dalam upacara.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini