Jajanan Pasar Khas Banten Selatan

Jajanan Pasar Khas Banten Selatan
info gambar utama

Jika kita menjelajahi Banten Selatan, selalu yang ada disebagian orang gambaran tentang lautnya yang indah, pantai yang putih jernih disertai karang bebatuan disebagian pantainya, atau tentang Batu Bara serta tambang Emas.

Tetapi sebenarnya, Banten Selatan tidak hanya itu, ada wisata Kerbau, yang pada sore hari berjalan secara bergerombol menyusuri Pantai dengan Jumlah ratusan, yang konon Kerbau Banten Selatan ini, merupakan Kerbau yang paling sexy di Dunia ( Hasil penelitian Balai Kesehatan Ternak di Roma, Italia, yang menyatakan kualitas kerbau di Banten Selatan, memiliki kualitas terbaik di dunia, demikian dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten Agus M Tauchid.

Namun sayangnya perjalanan anda ke Lebak Selatan tidak akan sempurna jika anda tidak menikmati salah satu kuliner yang cukup termahsyur di sini, yaitu Nasi Ketan yang dibakar dalam bambu atau yang biasa kita kenal dengan Leumeung.

Leumeung atau Lemang Malingping adalah kuliner khas Malingping, Lebak-Banten yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan bumbu-bumbu yang kemudian diberi santan kelapa kental dan dimasukan kedalam ruas-ruas bambu yang sudah di potong sedemikian rupa. Setelah semua bahan selesai dimasukan ke dalam, kemudian bambu yang sudah terisi dengan semua bahan tersebut dibakar di perapian dengan hati-hati.

Salah satu penjual Leumeung di Pasar Malingping | sumber: infobentenselatan.blogspot.com
info gambar

Dibutuhkan keahlian khusus dan ketelitian dalam membakarnya agar tidak sampai membuat bambu habis terbakar dan menyebabkan bagian dalam Leumeung gosong menghitam. Dan ketika semua proses pembakaran selesai maka Leumeung hangat khas Malingping siap disajikan.

Kuliner Malingping yang mempunyai cita rasa dan aroma khas ini sangat nikmat jika disantap dalam keadaan masih hangat, aroma khas dari bambu yang terbakar dan gurihnya aroma santan didalamnya membuat setiap yang melihat tak tahan ingin segera melahapnya. Hidangan makanan ini juga akan terasa lebih nikmat jika ditemani dengan telur asin, atau mungkin saja anda mempunyai ide lain untuk teman santapnya? Silahkan coba makanan khas Pakidulan ini.

Untuk menemukan Leumeung di Malingping tidaklah sulit, makanan yang satu ini bisa dengan mudah anda temukan di Pasar Malingping dengan harga yang sangat terjangkau sehingga tidak perlu khawatir membuat dompet anda menjerit. Selain itu, makanan ini juga biasanya dijadikan pilihan para wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sini sebagai buah tangan yang cocok bagi keluarga di Rumah.

Berbeda dengan lemang Sumatera Barat, Leumeung Malingping, pada ketannya biasanya ditambahi dengan kacang merah, sehingga perpaduan antara santan kental, beras ketan dan kacang merah, akan memberikan sensasi nikmat yang tersendiri.

Leumeng yang memakai tambahan kacang merah | sumber: twitter.com
info gambar

Jadi, ketika anda berkunjung ke Lebak Selatan jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner yang satu ini yaa. Karena jalan-jalan ke Lebak Selatan terutama ke Malingping tidak akan sempurna tanpa menikmati gurihnya Leumeung khas kota di Selatan Lebak-Banten ini.

Bahab-bahan untuk membuat Leumeung

  • 1 kg beras ketan
  • 1 liter santan kelapa
  • Kacang merah sesuai selera
  • 1 tangkai daun pisang, ambil daunnya
  • Garam halus secukupnya
  • 2 batang buluh bambu

Catatan kaki: Makanan Khas Banten Selatan | Lemang Malingping

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini