Peringkat Negara Paling Powerful Dunia 2019

Peringkat Negara Paling Powerful Dunia 2019

Tentara Republik Indonesia dan armada kapalnya © Sumber: Rookie

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Amerika Serikat masih bertahan di posisi negara paling powerful di dunia pada tahun 2019 berdasarkan peringkat tahunan, diikuti oleh beberapa sekutu terdekat dan juga kompetitor umumnya.

Peringkat US News and World Report melihat pengaruh politik dan perekonomian negara, serta internasional dan aliansi, kekuatan militer dan peran pemimpin internasional sebagai indikator penilaian. Negara-negara paling powerful dunia juga merupakan negara yang secara konsisten mendominasi berita utama, menjadi pembuat peraturan dan membentuk pola ekonomi global. Peraturan luar negeri dan budget militer dimonitor secara ketat.

Peringkat ini didasari pada skor rata-rata yang seimbang dari 5 atribut negara yang berhubungan dengan kekuatan sebuah negara; pemimpin, pengaruh ekonomi, pengaruh politik, kekuatan aliansi internasional dan militer.

Amerika Serikat yang menduduki peringkat paling atas sebagai negara paling powerful, memiliki perekonomian terbesar dunia dan juga budget militer terbesar dengan menghabiskan 610 milyar dolar pada perangkat militer dan personelnya pada tahun 2017.

Rusia dan Tiongkok merupakan dua negara selanjutnya yang didaulat sebagai negara paling powerful mengikuti Amerika Serikat dalam perihal top 4 investor pada kekuatan militernya. Melengkapi peringkat selanjutnya adalah Jerman, Inggris, Perancis, dan Jepang -- yang merupakan negara-negara dengan perekonomian yang besar. Israel dan Saudi Arabia menempati posisi ke-8 dan 9 secara berurutan, memiliki persentase lebih tinggi pada PDB pengeluaran militer dibandingkan Amerika Serikat. Melengkapi 10 besar adalah Korea Selatan.

Di Asia Tenggara, Singapura tetap menjadi negara paling powerful di regionnya, naik 4 peringkat dalam daftar terbaru dibandingkan peringkat tahun lalu. Di tahun 2018, Singapura berada di posisi ke 24 dan tahun ini berada di posisi ke-20, diikuti oleh Vietnam di posisi ke 32 dan Indonesia posisi ke 47.

Peringkat ini merupakan bagian dari peringkat "Negara terbaik 2019" oleh US News and World Report dalam kolaborasi dengan University of Pennsylvania, yang didapat melalui survey terhadap lebih dari 20.000 orang di 80 negara.


Catatan kaki: Seasia

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga22%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli59%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi4%
Pilih TerpukauTerpukau7%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Akankah Iko Uwais Berperan di G.I Joe? Sebelummnya

Akankah Iko Uwais Berperan di G.I Joe?

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim Selanjutnya

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.