Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di OSCAR 2020

Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di OSCAR 2020

Film Kucumbu Tubuh Indahku tayang perdana di Indonesia pada 18 April 2019 © detiksumsel.com

Film karya Garin Nugroho, Kucumbu Tubuh Indahku, terpilih menjadi wakil Indonesia dalam ajang Academy Awards atau yang lebih sering disebut OSCAR untuk kategori International Fature Film pada tahun 2020 mendatang. Film tersebut dipilih setelah menyisihkan 41 film yang diseleksi oleh Komite Film Indonesia.

Ketua Komite Film Indonesia, Christine Hakim, menyatakan bahwa film Kucumbu Tubuh Indahku memiliki nilai yang lengkap sehingga layak menjadi wakil Indonesia di ajang OSCAR. Nilai lengkap yang diungkapkan Christine Hakim yakni film Kucumbu Tubuh Indahku tidak hanya memiliki nilai lisan dan visual namun juga memiliki pesan batin dan rasa. Selian itu, dalam film Kucumbu Tubuh Indahku juga terdapat idiom-idiom yang dapat mewakilkan kayanya budaya di Indonesia. Nilai-nilai itulah yang membuat film tersebut dipilih menjadi wakil Indonesia untuk OSCAR.

Sempat tuai kontroversi dan diboikot oleh beberapa pihak karena menyelipkan isu-isu sensitif, Fillm Kucumbu Tubuh Indahku raih banyak prestasi di luar negeri | Sumber radarjogja.jawapos.com

Kucumbu Tubuh Indahku berkisah tentang seorang penari Lengger yang bernama Arjuno (Juno). Juno dikisahkan dalam tiga masa yakni masa kecil, saat remaja dan masa dewasa. Juno kecil ditinggal oleh ayahnya sehingga membuat Juno hidup seorang diri. Dalam kesendirian hidupnya, Juno bergabung dengan kelompok penari Lengger. Namun, Juno seringkali melihat kekerasan, akibatnya Juno hidup berpindah dari satu desa ke desa lainnya.

Hidup yang berpindah antar desa, membuat Juno bertemu dengan berbagai macam perangai manusia. Mulai dari seorang petinju hingga pemain warok, salah satu dalam kesenian reog. Seiring bertambahnya usia, Juno mendapat perhatian dari berbagai orang di sekililingnya yakni dari sang bibi yang berprofesi sebagai penjual ayam, guru tarinya, pamannya yang menjadi seorang penjahit, petinju dan pemain warok. Bergabungnya Juno dengan kelompok tari Lengger dan semua perjalanan yang ia lalui membuat Juno menemukan keindahan hidupnya.

Film ini terisnpirasi dari kisah nyata seorang penari Lengger yang bernama Rianto. Tari Lengger merupakan kebudayaan Jawa yang berasal dari Banyumas Jawa Tengah. Tari Lengger adalah tarian yang menampilkan sisi maskulin dan feninin dalam satu tubuh. Tarian ini biasanya dimainkan oleh seorang laki-laki, sehingga kesan negatif terkadang dilekatkan pada sosok penari karena dianggap menyalahi kodrat. Rianto sendiri juga bermain dalam film ini dan memainkan peran sebagai Juno dewasa.

Garin Nugroho, sutradara sekaligus penulis film Kucumbu Tubuh Indahku | Sumber media.beritaga.id

Selain menjadi wakil Indonesia dalam ajang OSCAR 2020 mendatang, berbagai prestasi dan penghargaan juga sudah pernah di raih oleh film Kucumbu Tubuh Indahku. Penghargaan tersebut antara lain Bisato D’oro Award Venice Independent Film Critic di Italia tahun 2018, Film Terbaik pada Festival Des 3 Continents di Perancis tahun 2018, dan Cultural Diversity Award Under The Patronage of UNESCO pada Asia Pasific Screen Awards di Australia tahun 2018.

Film Kucumbu Tubuh Indahku ini nantinya akan bersaing dengan film Parasite dari Korea Selatan dan Weathering With You dari Jepang. Selain Kucumbu Tubuh Indahku, film lain garapan Garin Nugroho juga pernah menjadi wakil Indonesia untuk OSCAR yaitu film yang berjudul Daun Di Atas Bantal.


Catatan kaki: CNN | Kompas | Tirto.id

Pilih BanggaBangga54%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang15%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau15%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kulon Progo dan Tarakan-pun Kini Tersambung Langsung Sebelummnya

Kulon Progo dan Tarakan-pun Kini Tersambung Langsung

Ini Skema Tarif Tol Pertama di Kalimantan Selanjutnya

Ini Skema Tarif Tol Pertama di Kalimantan

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.