Menengok Pulau Liki, Keindahan Laut di Ujung Timur Indonesia

Menengok Pulau Liki, Keindahan Laut di Ujung Timur Indonesia
info gambar utama

Pulau Liki adalah satu dari sekian banyak daftar pulau terdepan di Indonesia. Pulau Liki berada di wilayah Kabupaten Sarmi, Papua. Berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, pulau Liki memiliki keindahan laut yang tak kalah eksotis. Tepi pantai yang dihiasi pasir putih serta gulungan ombak yang cocok untuk para pecinta olah raga air, selancar, membuat pulau Liki layak dikunjungi.

Perjalanan menuju pulau Liki tergolong cukup lama, yakni 8 jam perjalanan darat dari pusat Jayapura menuju Kabupaten Sarmi dilanjutkan menggunakan speed boat menyeberangi lautan menuju pulau Liki. Meskipun berada di barisan paling luar Indonesia, pulau Liki adalah pulau yang berpenghuni. Penghuni pulau Liki sekitar 271 jiwa dalam 66 kepala keluarga terhitung saat tahun 2015. Sebagian besar kegiatan masyarakat pulau Liki adalah seorang nelayan dengan hasil laut ikan tuna, ikan kakap merah dan ikan tenggiri yang langsung dijual ke pasar di Distrik Sarmi.

Peisir laut pulau Liki | Sumber mongabay
info gambar

Masyarakat pulau Liki memiliki kearifan lokal dalam menjaga ekosistem laut setempat. Kegiatan tersebut terangkai dalam agenda Abonfan Matilon yaitu kegitan pengondisian wilayah laut untuk ditutup sementara waktu terhadap segala kegiatan penangkapan kerang (bia lola). Hal tersebut bertujuan untuk memberikan waktu biota tersebut untuk tumbuh dan berkembang biak. Abonfan Matilan dilakukan dengan serangkaian ritual dengan dipimpin oleh ketua suku atau biasa disebut dengan Ondowafi.

Sikap yang dilakukan masyarakat pulau Liki dengan segala kearifan lokalnya, membuat keindahan dan sumber daya lautnya tetap terjaga. Selain itu, hasil laut yang ditangkap pun tetap melimpah. Keindahan bawah laut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta snorkeling dan diving. Keadaan alam yang masih terjaga menjadi tempat favorit gerombolan lumba-lumba bermain di perairan pulau Liki. Masyarakat setempat hafal betul kapan waktu lumba-lumba akan muncul.

Di titik wisata lumba-lumba wisatawan dapat melihat gerombolan lumba-lumba biasanya muncul saat pagi dan siang hari | Sumber mongabay
info gambar

Gerombolan lumba-lumba akan muncul saat pagi dan siang hari. Hal tersebut menjadi sensasi yang berbeda karena dapat menyaksikan atraksi lumba-lumba di pesisir Samudera Pasifik. Dan, keindahan lain yang sayang untuk dilewatkan yakni senja di pulau Liki. Senja dari tepian Samudera Pasifik tentu memiliki daya pikat yang berbeda. Indah bukan?


Catatan kaki: mongabay | wartawisata.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini