Lima Olahraga Kekinian yang Harus Kamu Coba

Lima Olahraga Kekinian yang Harus Kamu Coba

ilustrasi kegiatan olahraga | foto: honestdocs.id

Untuk menjaga kesehatan, salah satu aktivitas yang harus dilakukan seseorang adalah berolahraga. Jika dilakukan secara rutin olahraga dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Hal tersebut memberikan dampak positif yang dapat mendukung produktivitas seseorang dalam kesehariannya.

Saat ini olahraga tak hanya dilakukan seseorang dengan alasan kesehatan, tapi juga banyak yang menjadikannya sebagai gaya hidup. Berbagai jenis aktivitas terkait kegiatan olah tubuh ini pun terus berkembang di Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dengan menjamurnya tempat-tempat olahraga berbayar dengan variasi kegiatan yang bermacam-macam.

Lalu tau kah kamu berbagai olahraga unik yang sedang diminati masyarakat tersebut?

Pound Fit

Pound fit yang kaya gerakan| foto: dbs.com

Pound fit merupakan jenis olah raga yang menyisipkan koreografi aerobik di dalamnya. Meski sejenis dengan senam dan zumba nemun olahraga ini membutuhkan alat pelengkap dalam kegiatannya.

Tak hanya diiringi musik, dalam melakukannya para peserta juga membutuhkan sepasang stick. Alat tersebut dipakai karena gerakan pound fit dilakukan seperti menabuh sebuah drum.

Manfaat yang diberikan oleh olahraga ini salah satunya adalah untuk membentuk otot bagian tengah tubuh, tepatnya pada sekitar perut. Hal tersebut dihasilkan dari banyaknya gerakan memutar yang dilakukan selama melakukan pound fit.

Micro Gym

Kegiatan Micro Gym yang menggunakan Electrical Muscle Stimulation | foto: orami.co.id

Kegiatan ini cocok untuk dilakukan oleh mereka yang memiliki jadwal yang padat. Olahraga yang memanfaatkan teknologi asal Jerman ini menggunaan alat bernama Electrical Muscle Stimulation dengan jenis mesin MihaBodyTeh.

Alat tersebut bekerja untuk menstimulasi jaringan otot, sehingga gerakan gym yang dilakukan dalam 20 menit dapat memberikan hasil seperti hasil gym biasa dalam 2 jam.

Antigravity Yoga

Salah satu posisi Antigravity Yoga | foto: greenqueen.com.hk

Antigravity yoga merupakan bentuk olahraga yang lebih santai. Perbedaan jenis yoga ini dengan yoga biasa terdapat pada gerakan dan alat yang dibutuhkan. Dalam kegiatannya, antigravity yoga membutuhkan sebuah kain sebagai penopang, kain tersebut berbentuk seperti ayunan yang biasa dikenal sebagai hammock.

Dengan adanya kain tersebut peserta dapat melakukan gerak melawan gravitasi yaitu dengan membalikan tubuh sehingga kepala berada diposisi bawah. Tujuan gerakan tersebut adalah agar darah dapat sampai ke otak. Gerakan ini biasa disebut dengan inversion yang dapat membantu mengatasi syaraf terjepit pada tulang belakang.

Total Body Resistance Exercise (TRX)

Salah satu gerak dalam kegiatan Total Body Resistance Exercise | foto: trxtraining.com

Olahraga Total Body Resistance Exercise awalnya diperuntukkan bagi pasukan Amerika. Olahraga yang mulai banyak diminati anak muda ini mengandalkan kaki dan tangan sebagai tumpuan, dengan bantuan alat dari tali elastis.

TRX sendiri digolongkan sebagai olahraga yang berat, gerakan yang dilakukan dapat mebakar kalori yang banyak. Selain itu TRX juga efektif untuk membentuk otot terutama pada bagian perut dan bahu.

Barre

Salah satu gerakan dalam barre | foto: health.com

Barre adalah olahraga yang terinspirasi dari jenis tari ballet, hal tersebut dapat dilihat dari gerakannya yang merupakan hasil kombinasi dari balet, pilates dan yoga.

Olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot inti, menambah kestabilan bahu dan pinggul serta meninngkaatkan kelenturan. Manfaat yang diberikan tersebut cocok untuk mereka yang ingin memperbaiki postur tubuh.

Sumber: herworld.co.id | hellosehat.com | detik.com | detik.com | hellosehat.com | beritasatu.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Minang dan Kabau: Nama Kecil Kota Padang Sebelummnya

Minang dan Kabau: Nama Kecil Kota Padang

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya Selanjutnya

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya

Ariefiani Harahap
@ariefiani_elf

Ariefiani Harahap

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.