Eksistensi Jajanan Pasar, Tidak Lekang dimakan Zaman

Eksistensi Jajanan Pasar, Tidak Lekang dimakan Zaman

Jajanan Pasar © Gambar : Shutterstock

Bicara soal kuliner Indonesia, memang tidak akan ada habisnya. Negara penghasil rempah ini tidak hanya membuat kuliner Indonesia beraneka ragam. Namun juga menghasilkan jajanan pasar yang beraneka rasa dan juga bentuk.

Jajanan pasar pada dasarnya merupakan kue tradisional khas Indonesia. Cita rasa yang enak dan gurih dengan menggunakan bahan alami dan cara pengolahan ala industri rumahan, membuat aneka jajanan pasar ini tetap memiliki penggemar setia dan sampai saat ini masih diminati oleh masyarakat, meskipun sudah banyak makanan luar negeri ataupun beragam kreasi terbaru yang sudah masuk di pasaran.

Berikut ini jenis kue jajanan pasar yang masih banyak diminati oleh masyarakat dan bisa kalian temui di pasar tradisional.

Klepon

Kue Klepon | foto : Pinterset

Kue tradisional yang berisi gula merah ini terbuat dari tepung beras ketan. Makanan ini masih menjadi incaran para penggemar kuliner nusantara. Bentuknya yang bulat seperti bola-bola kecil dengan warnanya yang khas yakni hijau muda yang terbuat dari campuran air daun suji sehingga memberikan aroma khas pada klepon.

Nah, tips memakan kelepon ini adalah dengan cara dilahap secara bulat-bulat agar bisa merasakan sensasi nikamtnya gula merah cair yang muncrat di mulut.

Cenil

Kue Cenil | foto : Pinterset/cookpad.com

Jajanan pasar ini hampir mirip dengan klepon. Karena bahannya sama-sama terbuat dari tepung kanji dan disajikan dengan parutan kelapa. Menariknya, kue pasar ini kerap kali disajikan dengan berbagai warna yang dapat menggugah selera.

Kawan GNFI tidak perlu khawatir, karena pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan. Biasanya cenil ini disajikan dengan ketan hitam.

Onde-onde

Onde-onde | foto : Pinterset/resepcaramemasak.info

Kue dengan bentuk bulat ini berasal dari Mojokerto, hingga saat ini memang masih populer dan digemari masyarakat. Awalnya onde-onde berisi kacang hijau, namun kalian bisa menikmati onde-onde ini dengan modifikasi isi seperti keju atau kacang merah.

Kue putu

kue putu | foto : Pinterest/menuresepku.com

Kue ini biasanya lebih mudah dijumpai pada sore hari hingga malam. Penjual ue putu sendiri identik dengan suara siulannya yang nyaring. Jajanan pasar yang satu ini terbuat dari tepung beras yang berisi gula merah. Penambahan kelapa parut membuat kue putu akan terasa gurih dan akan semakin nikmat apabila dikonsumsi selagi hangat.

Kue lapis

Kue lapis | foto : Pinterest

Sesuai dengan namanya, kue lapis ini mempunyai lapisan dengan warna yang berbeda. Kudapan khas Indonesia ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan pewarna makanan. Kue ini memiliki rasa yang manis.

Lemper

Lemper | Foto: Pinterest

Jenis jajanan pasar yang satu ini bernama lemper, terbuat dari bahan dasar ketan yang umumnya berisi abon atau suwiran daging ayam. Biasanya lemper dibungkus menggunakan daun pisang. Lemper ini merupakan jajanan tradisional yang lezat dan masih banyak diminati oleh banyak orang.

Nah, itu dia beberapa jenis jajanan pasar yang masih banyak diminati oleh masyarakat dan mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Tidak hanya itu, masih banyak aneka jajanan pasar lainnya yang bisa kalian jumpai dan nikmati seperti serabi, risoles, dadar gulung, kue cincin, dan putu ayu.

Dalam perkembangannya, terdapat beragam jenis jajanan pasar yang masih bisa dijumpai, namun ada pula yang memang cukup sulit mencari penjualnya. Tetapi, secara keseluruhan, kuliner Indonesia ini masih banyak sekali peminatnya, bahkan juga disukai oleh masyarakat di luar Indonesia.

Dilansir dari Liputan6.com, hal tersebut dituturkan oleh pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo. Menurutnya, jajanan pasar masih banyak diminati dan dijumpai, bahkan dimodifikasi menjadi sedemikian rupa akan menjadi lebih enak dan lebih menarik lagi.

"Di tempat penjualan kue, di acara-acara yang diadakan di rumah sampai di hotel, masih banyak yang menyajikan kue-kue jajanan pasar. Selain harganya lebih murah, jajanan pasar punya rasa yang khas dan tentunya sesuai lidah orang Indonesia," tuturnya.


Catatan kaki: Britagar | Liputan6

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

OVO Resmi Jadi Unicorn ke-5 Indonesia Sebelummnya

OVO Resmi Jadi Unicorn ke-5 Indonesia

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya Selanjutnya

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya

Asriyati .
@asriyati

Asriyati .

Hii Saya mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang lagi magang di Good News From Indonesia, bimbing aku yaa.. hehe

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.