DKI Jakarta Gandeng Startup untuk Akselerasi Smart City

DKI Jakarta Gandeng Startup untuk Akselerasi Smart City
info gambar utama

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang bertransformasi menjadi Super Ecosystem, ditunjuk menjadi mitra strategis ekonomi digital dan pelayanan publik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung DKI Jakarta sebagai Kota Pintar (Smart City).

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengungkapkan, teknologi dapat memberikan kesempatan yang sama untuk semua orang, baik dalam menciptakan peluang maupun mencapai lebih.

"Tokopedia akan terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, kali ini, kami bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung smart city," kata Astri Wahyuni dalam siaran pers yang diterima Kontan, Sabtu (14/9).

Tokopedia Jadi Mitra Ekonomi Pemprov DKI Jakarta, Bantu Kembangkan Kota Cerdas. Foto: Tokopedia
info gambar

“Harapannya, masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di Jakarta, bisa memanfaatkan teknologi untuk lebih mudah mengakses layanan publik dan berkontribusi terhadap perekonomian digital daerah dengan memulai usaha,” imbuhnya.

Menanggapi kemitraan dengan Tokopedia, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, Ph.D., mengungkapkan, “Kemitraan ini membuka peluang bagi masyarakat untuk terintegrasi secara digital di berbagai sektor agar masyarakat mendapat kemudahan secara online, mulai dari mengakses pelayanan publik hingga memulai bisnis.”

Tokopedia, Gojek, dan Grab bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta. Foto: South China Morning Post
info gambar

Menurut laporan South China Morning Post, pemerintah DKI Jakarta menggandeng Gojek dan Grab untuk mengakselerasi sistem transportasi yang aman dan terpadu melalui program mobilitas cerdas (smart mobility).

Gojek juga akan berintegrasi dengan portal pariwisata resmi pemerintah “Enjoy Jakarta”, memunginkan pengguna untuk memeasan tiket ke berbagai atraksi dan even di DKI Jakarta.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, pemerintah DKI Jakarta juga akan bekerja sama dengan Nodelux, startup yang fokus pada kecerdasan artifisial. Teknologi Nodeflux akan digunakan untuk mendeteksi nomor polisi secara otomatis yang melakukan pelanggaran lalu lintas maupun belum membayar pajak kendaraan.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini