Prestasi Lagi! Indonesia Juara Paralayang Dunia

Prestasi Lagi! Indonesia Juara Paralayang Dunia

Paralayang © senayanpost

Lagi, nama Indonesia membumbung tinggi di kancah dunia. Satu prestasi ditorehkan oleh putra-putri bangsa Indonesia. Tim Paralayang Indonesia untuk pertama kalinya menjuarai Kejuraan Dunia Paralayang yang diadakan di Serbia. Perlombaan yang diselenggarakan selama 9 hari ini membuat Indonesia mampu membawa pulang dua gelar juara.

Indonesia meraih juara pada nomor ketepatan mendarat (Paragliding Accuracy World Championship) kategori beregu dan juara ke dua pada individual putra. Pada ajang perlombaan yang diadakan oleh FAI (Federation Aeronautique Internationale) setiap dua tahun sekali ini, Indonesia mengirimkan 1 tim official dengan 2 atlet putri yakni Milawati dan Gitarezkyyuanita Guntari dan 6 atlet putra yakni Jafro Megawanto, Ivan Winarya, Johny Effendi, Purnomo Alamsyah, Hening Paradigma dan Yuda Maesaputra. Para atlet tersebut digembleng semenjak menjelang Asian Games 2018 hingga dipersiapkan menuju ajang bergengsi dunia.

Kejuaraan Paralayang Dunia 2019 kali ini diadakan di Kota Vrsac, Serbia pada 9 hingga 17 September 2019 | Sumber finroll

Kunci kemenganan tim paralayang Indonesia adalah para atlet cepat beradaptasi dengan perubahan cuaca yang terjadi di area perlombaan. Cuaca di area perlombaan beberapa kali berubah, termasuk kencangnya angin yang mengharuskan perlombaan dihentikan sementara. Namun, atlet-atlet Indonesia tidak patah semangat hingga akhirnya dua gelar juara dapat dibawa pulang.

Selain menjuarai kejuaraan paralayang dunia, tim paralayang Indonesia juga meraih beberapa gelar juara pada ajang sebelumnya yakni Asian Games 2018. Pada Asian Games 2018, tim paralayang Indonesia menyumbang 2 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Gelar juara dunia tahun 2019 ini semakin membuat rasa optimisme para atlet paralayang kian tinggi. Pasalnya, tim paralayang Indonesia cukup diperhitungkan di kancah internasional.

Kini tim paralayang Indonesia dipersiapkan untuk ajang bergengsi selanjutnya yakni Olimpiade Tokyo 2020 dan Asian Games berikutnya. Tentunya hasil optimis selalu diharapkan oleh semua pihak. Tim paralayang mampu membumbungkan lebih tinggi lagi nama Indonesia di kancah dunia.


Catatan kaki: TNI AU | Kompas | CNN

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih33%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Rumah Panggung terbesar di Dunia ada di Sumbawa Sebelummnya

Rumah Panggung terbesar di Dunia ada di Sumbawa

Membelah Angkasa dengan Busana Khas Indonesia Selanjutnya

Membelah Angkasa dengan Busana Khas Indonesia

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Mahasiswa semester 7 program studi Komunikasi Penyiaram Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.