Nikmatnya Rondo Royal, Makanan Khas Jepara

Nikmatnya Rondo Royal, Makanan Khas Jepara
info gambar utama

Satu lagi makanan khas Indonesia yang unik dan harus di coba sama kawan GNFI nih. Namanya Rondo Royal, Rondo Royal sendiri adalah makanan yang terbuat dari tape atau yang biasanya digoreng lalu ada perpaduan rasa asin jika dimakan. Rondo Royal sendiri makanan tradisional yang berasal dari Jepara.

Rondo Royal terbuat dari bahan dasar tape: Sumber | Resepkoki.id
info gambar

Keunikan dari makanan ini adalah karena dalam bahasa jawa Rondo itu artinya Janda dan Royal adalah artinya Mewah namun, ada yang mengatakan lain bahwa, Rondo itu artinya sedikit menyerupai dan Royal artinya adalah Mewah sehingga dapat diartikan bahwa, Rondo Royal memiliki arti sedikit mewah. Di daerah Jepara Selatan orang-orang mempunyai nama lain dari Rondo Royal sendiri adalah Manyos. Namun, orang-orang jawa biasanya menyebutnya dengan sebutan tape goreng.

Kini Rondo Royal ada beberapa macam varian: Sumber | Pinterest.com
info gambar

Rondo Royal sendiri mudah sekali membuatnya bahkan bahan-bahannya pun mudah ditemukan disekitar seperti Tape, Santan, Telur, Tepung Sagu, Gula Merah, dan Garam. Cara membuatnya pun sangat mudah pertama campurkan tape, tepung sagu, telur, dan garam hingga rata. kemudian ambil adonan tape dan bentuk bulat-bulat lalu pipihkan. Lalu celupkan tape kedalam minyak goreng hingga matang setelah itu tiriskan Rondo Royal siap disantap selagi hangat dan ditemani teh manis.

Tak hanya itu, kini varian Rondo Royal ada berbagai macam rasa seperti disajikan dengan topping parutan keju, lumeran susu kental manis, abon kering, dan kopi. Harga perbiji dari Rondo Royal sangat murah mulai Rp. 500 - 1.000 saja.

Rondo Royal ini sangat mudah untuk ditemui di Jepara banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ini sebagai cemilan. Kawan GNFI juga bisa menemukannya di Pasar atau di Pinngir jalan kota Jepara, Rondo Royal sekarang telah terjual di berbagai kota di Pulau Jawa seperti Yogyakarta dan kota yang berada di Jawa Timur.

Catatan Kaki: Tribunnews.com | Negerikuindonesia | Tribbunnewswiki.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini