Akibat Kejadian Ini, Operasi Zebra Dilaksanakan Pertama Kalinya Di Indonesia

Akibat Kejadian Ini, Operasi Zebra Dilaksanakan Pertama Kalinya Di Indonesia
info gambar utama

Setiap mendengar operasi zebra mungkin sudah terlintas dibenak Kawan GNFI adalah operasi lalu lintas. Tetapi apakah kawan GNFI mengetahui sejarah mulanya diadakannya operasi zebra?. Seperti yang kita ketahui bahwa, Operasi Zebra diadakan tujuannya adalah untuk mematuhi keselamatan dalam berkendara seperti hal nya kelengkapan surat.

Sejarah awal mula diadakan Operasi Zebra di Indonesia bermula di kota Irian Jaya kini sudah menjadi Papua pada tahun 1978 oleh Brigadir Jenderal Soedarmadji Kepala Daerah Polisi Irian Jaya. Terciptanya Operasi Zebra kala itu karena, Soedarmadji melihat banyak orang pengendara motor di Irian Jaya tidak menggunakan alat keselamatan saat berkendara dan mengabaikan peraturan rambu lalu lintas. Dikutip dari Suara Pembaruan bahwa, kendaraan yang tidak mentaati peraturan kala itu mencapai 20.000 buah dan yang paling banyak adalah kendaraan sepeda motor.

Lalu Soedarmadji memikirkan bagaimana caranya supaya masyarakat mengikuti peraturan dan mengutamakan keselamatan pada diri masing-masing. Akhirnya Soedarmadji mengusulkan Operasi penertiban perilaku berkendara dengan sandi Zebra.

Karena itu Soedarmadji menamakan operasinya dengan Operasi Zebra. Operasi ini menekankan pada penindakan tanpa pandang bulu terhadap para pelanggar lalu lintas sekecil apapun kesalahannya. Dan ternyata operasi tersebut berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat Irian Jaya kala itu karena sangat penting juga bagi keselamatannya.

Tahun berikutnya Soedarmadji pindah dinas ke Kota Denpasar, Bali dan menjadi Kadapol untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Sama seperti di Irian Jaya Soedarmadji menemukan banyak pengendara yang tidak mematuhi lalu lintas dan pada akhirnya Soedarmadji menerapkan Operasi Zebra di Bali. Tetapi, banyak yang menentang pada saat itu sampai Gubernur Bali ikut turun tangan membantu memberikan pengertian kepada masyarakat betapa pentingnya Operasi Zebra untuk keselamatan diri masing-masing dan perlawanan masyarakat Bali pun menjadi surut.

Dan pada akhirnya Operasi Zebra terdengar hingga ke Jawa Timur dan menerapkannya kepada masyarakat Jawa Timur yang kala itu keadaan berkendara sama seperti di Irian Jaya dan Bali. Dan angka kecelakaan yang terbesar kala itu terjadi di Jawa Timur dimana pada satu hari terjadi 4 kecelakaan dan mengakibatkan nyawa melayang. Akhirnya Polda Jawa Timur mengadakan Operasi yang bersandi Zebra mereka yang melanggar peraturan dikenakan dalam UU No 3 Tahun 1965 tentang lalu lintas dan angkatan jalan.

Operasi Zebra merambah ke seluruh kota Indonesia secara serentak pada tanggal 25 Juli 1985 dan pada tanggal inilah Operasi Zebra pertama yang dilakukan di Ibu Kota Jakarta.

Catatan Kaki: Historia.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini