Dengan Alat Ini, Kamu Bisa Berolahraga Sambil Kerja Duduk

Dengan Alat Ini, Kamu Bisa Berolahraga Sambil Kerja Duduk

Ilustrasi bekerja sambil duduk © Bethany Legg/Unsplash

  • Perkenalkan Kinesia, sebuah alat olahraga yang bisa dilakukan sambil kerja duduk.
  • Alat ini diciptakan oleh Dr. dr. Listra Tresnanti Mirtha, Sp. KO dari FKUI.
  • Kinesia dapat meningkatkan nilai prediksi VO2maks sebagau prediktor kebugaran jasmani.

Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, Sp. KO merancang sebuah alat latihan fisik bagi para pekerja pada posisi duduk tanpa harus meninggalkan meja kerja pada jam kerja. Akademisi yang juga Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini membuat model alat latihan kardiorespirasi berbasis pijak kaki ini bernama Kinesia.

Kinesia dibuat ergonomis dan mudah digunakan oleh para pekerja tanpa perlu terganggu dalam menjalankan pekerjaan. Sebagai alat latihan fisik, Kinesia dapat melatih tubuh para pekerja saat pada posisi duduk, khususnya ekstremitas bawah untuk tetap aktif.

Kinesia telah diuji coba pada kelompok pekerja selama 12 minggu melalui program latihan fisik berbasis tempat kerja. Hasilnya dapat meningkatkan nilai prediksi VO2maks sebagai prediktor kebugaran jasmani pekerja dengan angka kepatuhan minimal 39,7 persen.

BACA JUGA: Lima Olahraga Kekinian yang Harus Kamu Coba

Dengan menggunakan protokol latihan khusus dan formula baru yang telah ditemukan, alat ini dapat menjadi alternatif modalitas untuk memprediksi nilai daya tahan kardorespirasi (VO2maks) atau tingkat kebugaran jasmani seseorang serta menjadi sarana penunjang kesehatan di tengah kesibukan bekerja meskipun selalu duduk di depan komputer.

dr. Tata memperagakan cara kerja Kinesia | Foto: Humas dan KIP UI

Kinesia merupakan bagian dari penelitian disertasi oleh dokter yang kerap dipanggil dr. Tata ini. Ia telah berhasil memaparkan disertasinya yang berjudul “Model Alat Latihan Kardiorespirasi Berbasis Pijak Kaki Kinesia®: Efektivitas terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Pekerja Duduk” pada Senin (1/7) di IMERI FKUI kampus Salemba. Berkat penelitian tersebut, dr. Tata telah berhasil meraih gelar Doktor dalam Ilmu Kedokteran.

BACA JUGA: Sepak Bola Api, Permainan Ekstrem Indonesia yang Sarat Makna

Diharapkan Kinesia dapat menjawab tantangan tersebut dan menjadi solusi pada pemodelan latihan fisik berbasis tempat kerja, serta mendukung tubuh untuk senantiasa aktif dan mempertahankan kebugaran jasmani di tempat kerja untuk mencapai titik produktivitas yang diharapkan.**

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Load Factor Bandara Kertajati Naik 50% Sebelummnya

Load Factor Bandara Kertajati Naik 50%

Di Pasar Tradisional ini, Rupiah diganti dengan "Dhono" Selanjutnya

Di Pasar Tradisional ini, Rupiah diganti dengan "Dhono"

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.