Menanam Pohon Sambil Naik Taksi. Begini Caranya...

Menanam Pohon Sambil Naik Taksi. Begini Caranya...
info gambar utama
  • Dengan naik kendaraan, penumpang juga bisa peduli pada lingkungan.
  • Caranya dengan menaiki taksi listrik BlueBird, yang sedang mengadakan program One Ride One Seed.
  • Setiap penumpang dikenakan tambahan biaya Rp 100 ribu yang digunakan sebagai dana adopsi satu pohon di hulu DAS Ciliwung.

Sebuah program peduli lingkungan diadakan oleh BlueBird. Program bernama One Ride One Seed ini berupaya membantu perbaiki kualitas udara di Jakarta, dengan mengonversi satu pemesanan taksi listrik menjadi adopsi satu pohon.

One Ride One Seed diadakan selama tiga bulan, sejak 1 Agustus sampai 31 Oktober 2019. Setiap penumpang yang menaiki taksi listrik BlueBird dikenakan tarif tambahan Rp 100.000, yang akan dikonversi menjadi adopsi satu pohon di hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

BlueBird bekerja sama dengan World Wide Fund for Nature (WWF) di program ini. One Ride One Seed juga termasuk bagian kampanye #BirukanLangitJakarta.

Untuk mengikuti program ini caranya sangat mudah. Calon penumpang hanya perlu mengakses situsweb www.bluebirdgroup.com/onerideoneseed, dan mendaftar rencana perjalanan. Selanjutnya kendaraan listrik BlueBird akan datang menjemput dan mengantar penumpang sesuai tujuan.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan: Murka Tuhan Akibat Ulah Kita Sendiri

Setelah sampai di tujuan, penumpang akan membayarkan tarif tambahan Rp 100 ribu sebagai donasi melalui WWF-Indonesia, untuk penanaman satu pohon di hulu DAS Ciliwung yang akan ditanam dan dirawat selama dua tahun.

Poster program One Ride One Seed | Foto: BlueBird
info gambar

“Langkah ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk mengajak masyarakat bersama-sama dalam menjaga kelestarian alam. Kami percaya program ini tidak hanya akan membantu mengurangi polusi udara, namun juga mampu membantu menjaga kelestarian lingkungan dan kesinambungan air bersih bagi masyarakat Jakarta,” ucap Direktur PT. BlueBird Tbk., Adrianto Djokosoetono.

Kemudian Direktur Kemitraan WWF-Indonesia, Ade Swargo Mulyo, mengatakan "Kolaborasi bersama BlueBird melalui program One Ride One Seed tidak saja menekankan pentingnya penanaman kembali pohon di lahan kritis namun sebagai upaya penyadartahuan untuk bertanggung jawab atas jejak karbon yang kita hasilkan dari berbagai kebiasaan kita, seperti menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil dan penggunaan listrik."

BACA JUGA: Pohon Terkuat di Indonesia yang Kaya Manfaat

BlueBird berencana mendatangkan 200 unit mobil listrik hingga tahun 2020, guna menghilangkan 434,095 Kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter; dan penambahan 2.000 unit mobil listrik pada periode tahun 2020-2025 yang akan menghilangkan 21.704.760 Kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.**

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini