Pusat Penelitian, Pengembangan, dan Produksi Bahan Peledak Terbesar se-ASEAN

Pusat Penelitian, Pengembangan, dan Produksi Bahan Peledak Terbesar se-ASEAN
info gambar utama

Sesuai visi PT DAHANA (Persero) untuk menjadi industri nasional yang terunggul dalam bidang bahan berenergi tinggi (energetic materials) dengan menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan, yang ditegaskan pula dalam salah satu misinya untuk mendorong kemampuan penguasaan teknologi dan kemandirian melalui pengembangan kualitas SDM, PT DAHANA berkomitmen membangun industri nasional dibidang bahan peledak untuk kemandirian bangsa.

Kampus Dahana | Sumber: Dhiky Ajeje
info gambar

Dalam merealisasikan hal tersebut, Dahana membangun Energetic Material Center (EMC) yang berlokasi di Subang Jawa Barat. EMC merupakan lokasi yang terintegrasi dalam pengembangan bahan peledak, termasuk didalamnya terdapat pabrik, pergudangan, dan sarana diklat untuk pembinaan sumberdaya dibidang peledakan.

The Energetic Material Center merupakan Kiblat Bahan Peledak Indonesia, yang berfungsi sebagai pusat penelitian, pengembangan dan produksi bahan peledak terintegrasi terbesar se-ASEAN yang dilengkapi fasilitas pendukung seperti pabrik, laboratorium, pusat logistik berikat, bunker, workshop dan sarana penunjang lainnya. Fasilitas ini terletak di lahan seluas 600 hektar di Subang Jawa Barat.

Dilandasi dengan budaya inovasi, pengabdian dan kesempurnaan DAHANA, EMC mendorong kemampuan Perusahaan dalam penguasaan dan pengembangan teknologi secara mandiri, pengembangan kualitas SDM, dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

Pembangunan EMC ini merupakan hasil sinergi BUMN dengan lead PT PP (Persero) sebagai kontraktor yang ditunjuk dengan PT Bina Karya (Persero) dan PT BNI (Persero) Tbk serta PT Telkom (Persero) Tbk. Kawasan EMC terbagi menjadi beberapa zona dan menaungi berbagai fasilitas, termasuk pusat penelitian dan pengembangan, pabrik (termasuk pabrik emulsion, pabrik detonator, pabrik DANFO, Booster dan pabrik Shaped Charges), gudang berikat, laboratorium, pusat pelatihan, dan fasilitas pendukung lainnya.

Eco-building Dahana | Sumber: Dhiky Ajeje
info gambar

Di komplek EMC juga tersedia area uji coba bahan peledak yang mumpuni dan berstandar internasional baik untuk uji coba maupun pemusnahan bahan peledak. Sehingga diharapkan dapat mencetak para profesional yang kompeten di bidang bahan peledak dan bahan berenergi tinggi lainnya.

EMC juga mendukung GREEN CONCEPT yang termasuk Land Efficient, Energy Efficient, Water local & environmental friendly material, dan healthy indoor air. Dengan begitu, EMC yang peletakan batu pertamanya oleh Menteri Pertahanan RI pada 4 Desember 2010 lalu ini siap menjadi kebanggaan bangsa dengan mengusung semangat keberpihakan kepada pelestarian alam dan lingkungan sekitarnya.

Dengan dimulainya fase baru ini, DAHANA mempertegas komitmen perusahaan dalam membangun industri nasional di bidang bahan peledak demi kemandirian bangsa dan daya saing dalam peta perekonomian dunia.


Catatan kaki: Dahana | Kementerian BUMN

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini