Ini Siput

Ini Siput
info gambar utama

Siput adalah nama umum yang diberikan untuk anggota kelas moluska Gastrapoda. Dalam arti sempit, istilah ini diberikan bagi mereka yang memiliki cangkang bergelung pada tahap dewasa. Dalam arti luas, yang juga menjadi makna "Gastropoda", mencakup siput dan siput telanjang (siput tanpa cangkang, dalam Bahasa Jawa dikenal sebagai resrespo). Siput tidak bertulang belakang (invertebrat). Siput mempunyai kulit cangkerang yang keras. Haiwan gastropoda lain yang tidak mempunyai cangkerang dikenali sebagai lintah bulan. Siput terdapat di air tawar, air masin, dan di daratan.

salah satu siput terbesar | sumber: youtube.com
info gambar

Kelas Gastropoda menempati urutan kedua terbanyak dari segi jumlah spesies anggotanya setelah Insecta (serangga). Habitat, bentuk, tingkah laku, dan anatomi siput pun sangat bervariasi di antara anggota-anggotanya. Siput dapat ditemukan pada berbagai lingkungan yang berbeda: dari parit hingga gurun, bahkan hingga laut yang sangat dalam. Sebagian besar spesies siput adalah hewan laut. Banyak juga yang hidup di darat, air tawar, bahkan air payau.

Siput bergerak seperti cacing dengan menukar pengecutan badan bergilir-gilir dengan menjangkau, pada kelajuan yang perlahan. Siput sering dijadikan perbandingan dengan sesuatu yang perlahan seperti "Perlahan seperti siput". Siput menghasilkan lendir untuk membantu pergerakan dengan mengurangkan geseran. Lendir juga mengelakkan siput dari cedera dan membantu menjauhi serangga berbahaya seperti semut.

Kebanyakan siput merupakan herbivora, walaupun beberapa spesies yang hidup di darat dan laut dapat merupakan omnivora atau karnivora predator. Beberapa contoh Gastropoda adalah bekicot (Achatina fulica), siput kebun (Helix sp.), siput laut (Littorina sp.) dan siput air tawar (Limnaea sp.). Seekor siput memecahkan makanannya menggunakan radula, iaitu satu struktur berkitin yang mengandungi pencangkuk adihalus dipanggil cuticulae. Dengannya siput akan mengisar makanan, yang akan dihantar ke saluran penghadaman.

siput telanjang | sumber: tokopuas.com
info gambar

Untuk anda yang sedang mencari ciri ciri siput atau juga ciri ciri hewan siput, anda bisa membacanya di bawah ini yang sudah kami rangkum untuk anda. Silahkan di baca ciri ciri khusus siput di bawah ini.

1. Memiliki sebuah cangkang untuk bersembunyi atau sebagai rumah.
2. Memiliki tekstur tubuh yang lembek dan lentur.
3. Siput memiliki sepasang mata yang sangat kecil.
4. Bergerak lambat.
5. Termasuk hewan moluska. Moluska adalah hewan lunak.
6. Tidak memiliki tulang belakang.
7. Terdapat lendir di tubuhnya.
8. Berkembang biak dengan cara bertelur.
9. Memakan tumbuhan seperti daun dan batang.
10. Hidup di tempat yang basah.
11. Melindungi diri dengan masuk kedalam cangkang.


Catatan kaki: Siput | Jenis Siput | ciri-ciri siput

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini