Kampung Madras, Little India Di Medan

Kampung Madras, Little India Di Medan
info gambar utama

Di Indonesia banyak sekali beragam suku dan kebuadayaan salah satunya di Kota Medan. Di Medan biasanya banyak sekali warga penduduk dengan Suku Batak tetapi ada loh kawan GNFI salah satu kampung yang di huni oleh orang yang mempunyai keturunan India. Namanya Kampung Madras, Kampung Madras sendiri mempunyai predikat sebagai Little India di Kota Medan yang terletak di Kecamatan Polonia.

Bagi kawan GNFI yang penggemar Bollywood di Kampung ini kita bisa menikmati suasana layaknya di Negara India. Banyak warga Kampung Madras terutama yang wanita menggunakan Kain Sari untuk pakaian sehari-hari layaknya di India dan para lelaki menggunakan sorban khas india. Dan disana pula kita bisa melihat berbagai macam kegiatan tradisional yang sama persis di India.

Kuil Sri Mariamman untuk tempat beribadah penduduk sekitar: Sumber | Tourtoba.com
info gambar

Dari pemandangan seperti itulah Kampung ini memiliki keunikan tersendiri, Di Kampung tersebut pula hari besar yang ada di India kerap dirayakan seperti Festival Colour atau yang biasa disebut Holy, Perayaan Deepawali, dan Perayaan Adimahapuja. Dikutip dari NET24 pada tahun 1873 nenek moyang bangsa India Tamil datang ke Medan untuk mengadu nasib menjadi pekerja di perkebunan dan kuli kontrak.

Di Kampung Madras terdapat juga Sekolah Khalsa yang dulu peernah terkenal karena merupakan sekolah satu-satunya yang mempelajari bahasa inggris pada tahun 1950. Dan pada tahun ini pula kawasan ini banyak pendatang baru dari India yang kini telah melahirkan warga keturunan India dalam jumlah yang sangat besar di Kota Medan.

Sumber | Travellingyuk
info gambar

Dikutip dari Tribbunnews hal tersebut juga menandakan jumlah penduduk India terbesar di Sumatera, di Kampung Madras juga terdapat kuil yang bernama Sri Mariamman yang berwarna kuning keemasan untuk warga sekitar berdoa.

Dan yang gak boleh dilewatkan lagi yaitu menjajal trend kecantikan ala wanita India yaitu Henna. Henna merupakan tatto alami untuk wanita India yang biasanya dipakai saat menikah Namun, karena sudah akulturasi Henna bisa digunakan kapan saja untuk menunjang penampilan. Namun sekarang di Kampung Madras bukan hanya penduduk yang keturunan India saja yang menduduki kampung tersebut tetapi juga ada warga keturunan Tionghoa dan tanpa memandang perbedaan.

Catatan Kaki: Tribbunnews | NET24 | Brilio

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini