Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Cumi dan Sotong

Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Cumi dan Sotong

Ilustrasi cumi © foto : Merdeka.com

Keragaman kuliner dari laut memang tidak terbatas pada ikan saja, namun masih banyak makanan laut yang bisa diolah kemudian disajikan dengan beragam jenis menu masakan yang lezat.

Salah satunya adalah cumi, hewan yang mempunyai tinta hitam ini banyak sekali dijumpai dalam berbagai kuliner seafood. Namun, selain cumi terdapat pula hewan laut sejenis yang juga bisa diolah menjadi masakan istimewa yakni sotong.

Kedua hewan laut tersebut sering sekali dijumpai dengan keadaan sudah siap santap, maka dari itu banyak orang yang mengira sotong merupakan makhluk yang sama dengan cumi, namun pada kenyataannya berbeda.

Cumi-cumi dan sotong merupakan anggota filum molusca (hewan lunak) yang mempunyai nilai ekonomi yang penting bagi manusia. Dua jenis hewan laut ini banyak diburu untuk dijadikan sebagai hidangan lezat dalam berbagai masakan. Cumi san sotong memiliki tubuh yang berotot serta tekstur yang kenyal.

Cumi-cumi (squid) dan sotong (cuttlefish) mempunyai tubuh yang hampir serupa, namun sebenarnya mereka adalah spesies yang berbeda.

Jika Kawan GNFI berkunjung ke Jepang, kedua hewan laut ini tidak dibedakan serta keduanya akan disebut dengan nama yang sama yakni “ika”.

Cumi san sotong sama-sama memiliki 10 tentakel yang terdapat pada bagian kepalanya. Mereka juga mempunyai badan seperti torpedo dengan bagian belakang yang meruncing serta terdapat sirip di sisi tubuhnya.

Nah, jika perbedaan cumi dan sotong sendiri dapat kalian lihat dari bentuk tubuh dan letak siripnya. Selain itu, yuk kita simak beberapa perbedaan dari cumi dan sotong.

Cumi

Cumi/Squid | foto : www.edubio.info

Dibandingakan dengan sotong, mungkin sudah cukup banyak orang yang mengenali cumi. Hewan laut ini memiliki ciri tubuh yang panjang dan meruncing pada bagian kepalanya. Pada bagian lengannya sendiri terdapat dua tentakel utama yang sangat panjang, serta delapan lengan tentakel yang lebih pendek.

Selain itu, cumi memiliki sepasang sirip kecil di bagian belakang tubuh atau ekornya. Dibandingkan dengan sotong, tinta cumi lebih amis. Nah, harga cumi sendiri biasanya lebih mahal dibandingkan dengan sotong.

Sotong

Sotong/cuttlefish | Foto : www.edubio.info

Berbeda dengan cumi, sotong memiliki tubuh yang panjang namun agak pipih melebar. Umumnya dari segi ukuran tubuh sotong lebih besar dibanding cumi. Cumi dsan sotong sama-sama memiliki ukuran mata yang cukup besar, dengan bagian tengah berwarna hitam dan pinggirannya berwarna perak. Bernapas menggunakan insang layakanya ikan dan cumi.

Nah kemudian, sotong juga bisa berkamuflase dengan mengubah warna tubuh dan menyemburkan cairan tinta. Maka dari itu, tubuhnya lebih besar dan daging sotong lebih banyak dari pada cumi.

Secara umum, tekstur dan rasa keduanya sama jika diolah dengan tepat. Cara pengolahannya pun tidak jauh berbeda. Cumi maupun sotong dicuci sampah bersih dan buang bagian tintanya.

Keduanya ini bisa menjadi makanan pengganti satu sama lain.

Bagaimana Kawan GNFI, sudah bisa membedakan mana cumi dan mana sotong? Kalian lebih suka yang mana?


Catatan kaki: Fimela | Citarsaindonesia | Infopendidikan

Pilih BanggaBangga7%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang27%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi13%
Pilih TerpukauTerpukau53%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Destination of The Year: TTG Awards Asia 2019 Sebelummnya

Destination of The Year: TTG Awards Asia 2019

Ketika Kain Tenun Mengangkasa Bersama Srikandi Bangsa Selanjutnya

Ketika Kain Tenun Mengangkasa Bersama Srikandi Bangsa

Asriyati .
@asriyati

Asriyati .

Hii Saya mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang lagi magang di Good News From Indonesia, bimbing aku yaa.. hehe

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.