Penetrasi TVRI di Siaran Olahraga Luar Negeri

Penetrasi TVRI di Siaran Olahraga Luar Negeri

Liga Primer Inggris tayang di TVRI mulai musim ini © Dok. TVRI

  • Menyelisik inovasi TVRI dalam menggaet lebih banyak pemirsa di era digital.
  • Salah satunya dengan merambah siaran olahraga luar negeri seperti EPL dan Piala Italia.
  • TVRI juga menjadi pemegang hak siar timnas Indonesia.

TVRI terus berinovasi mengikuti semangat zaman. Stasiun televisi pertama di Indonesia ini coba menggaet lebih banyak penonton dengan terjun ke dunia siaran olahraga luar negeri.

Kebijakan ini mulai diterapkan sejak 2018. TVRI mendapatkan hak siar turnamen pra-musim sepak bola Eropa, International Champions Cup (ICC). Itu menjadi tonggak awal TVRI masuk ke dunia penyiaran sepak bola Inggris, dengam membeli sebagian hak siar Piala EFL atau Piala Carabao.

Penetrasi tajam yang dilakukan TVRI ini membuatnya mulai dilirik banyak generasi milenial, terutama kaum adam yang menggemari sepak bola. Di tahun yang sama, TVRI juga menambah siaran olahraganya dengan menayangkan Piala Italia plus Piala Super Italia sampai musim 2020/2021. Ini menjadikan siaran Piala Italia kembali hadir di TVRI sejak terakhir kali muncul pada musim 2012/2013.

Tak hanya sepak bola, TVRI juga berpenetrasi ke dunia penyiaran bulu tangkis. Pada Maret 2019, stasiun televisi yang memiliki 360 pemancar ini mendapat hak siar 10 kejuaraan/turnamen bulu tangkis selain Blibli Indonesia Open, ditambah Sirkuit Nasional hingga 2021.

BACA JUGA: Kilas Balik Logo Lawas TVRI

Pertengahan tahun ini, TVRI kembali menyajikan kabar gembira bagi para pencinta lapangan hijau. TVRI resmi membeli sebagian hak siar Liga Primer Inggris musim 2019/2020, dan membaginya bersama MolaTV, layanan multiplatform dari Djarum.

TVRI dan MolaTV memegang hak siar kasta tertinggi liga domestik Negeri Ratu Elizabeth itu sampai musim 2021/2022, atau dengan kata lain selama tiga musim. TVRI mendapat jatah menyiarkan 78 laga per musim, yang dibagi ke 2-3 pertandingan tiap minggunya.

Dalam negeri juga dilirik

Sebagai stasiun televisi pertama di Indonesia, tanda tanya tentu menyelimuti, kenapa yang ditayangkan hanya liga-liga luar negeri?

Tenang, Kawan GNFI. Walau TVRI sedang gencar memperbanyak siaran olahraga luar negeri, mereka tetap menjaga identitas Indonesia-nya, selain dengan menyiarkan bulu tangkis Indonesia, juga menjadi pemegang hak siar timnas Merah-Putih. TVRI juga membaginya bersama MolaTV sejak September 2019.

"Debut" TVRI menyiarkan pertandingan tim Garuda dimulai pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 yang juga merupakan kualifikasi Piala Asia 2023. Sudah dua laga yang disiarkan yakni Indonesia vs Malaysia dan Indonesia vs Thailand, diteruskan Uni Emirat Arab vs Indonesia lalu Indonesia vs Vietnam bulan ini

Dengan memegang hak siar ini, TVRI juga berpeluang menayangkan Piala Asia 2023 mulai putaran kedua, dan sejumlah pertandingan persahabatan juga masuk dalam bidikan.

BACA JUGA: Helmy Yahya dan Formula Anti-Aging untuk TVRI

***

Untuk mengetahui lebih dalam tentang transformasi TVRI, Good News from Indonesia bersama TVRI mengadakan acara GoodTalk bersama dua pimpinan TVRI yakni Helmi Yahya (Direktur Utama TVRI) dan Apni Jaya Putra (Direktur Program dan Pemberitaan TVRI).

Acara diadakan pada Rabu, 9 Oktober 2019, di Studi Off Star TVRI (Papa Ron's Pizza) pukul 17.00-selesai untuk studio visit dan pukul 19.00-selesai untuk sesi GoodTalk.

Untuk mendaftar silakan klik tautan ini: bit.ly/goodtalkjkt_1

View this post on Instagram

Halo Kawan GNFI! Tahukah kawan, bahwa Indonesia memiliki stasiun televisi dengan jaringan terluas di Asia Tenggara? .. Ya, stasiun televisi tersebut adalah TVRI. Pernah berjaya hingga akhir 90'an, TVRI sempat redup karena gempuran stasiun TV swasta dan teknologi digital yang kian tak terbendung .. Namun, dibawah sistem manajemen saat ini, TVRI mulai berbenah dan bertransformasi sebagai televisi yang lebih berkualitas .. Nah, untuk lebih mengetahui tentang transformasi TVRI. GNFI menghadirkan Good Talk bersama dengan pemimpin TVRI, yaitu: .. 1. Helmy Yahya (Direktur Utama TVRI) 2. Apni Jaya Putra (Direktur Program dan Pemberitaan TVRI) .. Yuk datang ke Studio Off Star TVRI (Paparons Pizza) pada: Hari/ Tanggal: Rabu, 9 Oktober 2019 Waktu : 17.00 - selesai (Studio Visit) & 19.00 - selesai ( Good Talk) .. Penasaran ingin tahu lebih jauh tentang cerita "Dibalik Layar Transformasi TVRI". Langsung saja klik tautan di bio kami. .. Ayo daftar sekarang juga! Kuota terbatas.” .. #GoodTalk_JKT #Talkshow #EventJakarta #Indonesia #GNFI

A post shared by Good News From Indonesia (@gnfi) on

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Talas, Oleh-Oleh Asal Bogor yang Kaya Nutrisi Sebelummnya

Talas, Oleh-Oleh Asal Bogor yang Kaya Nutrisi

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon Selanjutnya

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.