Masjid Terbesar di Sumatra kini Ada di Kota Batam

Masjid Terbesar di Sumatra kini Ada di Kota Batam
info gambar utama

Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung II Kota Batam dikatakan sebagai masjid terbesar di Pulau Sumatera. Sebab, masjid tersebut berdiri di atas lahan seluas 5,1 hektar dan bangunan masjid seluas 4,1 hektar. Masjid Agung II didirikan di daerah Batu Aji yakni dekat salah satu kawasan industri galangan kapal di Kota Batam.

Fasilitas yang ada di Masjid Agung II sudah lengkap yakni sarana pendukung peribadahan, tempat pertemuan, bahkan nantinya akan dilengkapi dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran dan Islamic Center. Masjid Agung II ini mampu menampung sebanyak 25.000 jamaah. Dengan kelengkapan teresbut, diharapkan Masjid Agung II dapat memudahkan masyarakat sekitar untuk beribadah terutama bagi pekerja di kawasan industri.

Menara utama setinggi 99 meter. | Sumber @skycrapercity.batam
info gambar

Bentuk bangunan Masjid Agung II Kota Batam ini merupakan perpaduan antara kubah khas Turki, 8 membran payung layaknya di Masjid Nabawi Madinah dan unsur Melayu pada paduan warna kuning dan hijau yang ada di dalam kubah. Masjid Agung II ini juga memiliki menara utama setinggi 99 meter yang bermakna jumlah Asmaul Husna atau Nama-nama baik bagi Allah. Dengan dibangunnya Masjid Agung II yang indah dan penuh makna ini, diharapkan masjid tersebut tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi masyarakat, namun juga menjadi wisata religi Kota Batam.

Penggunaan nama Sultan Mahmud Riayat Syah adalah sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh tersebut sebagai pahlawan asal Kepualauan Riau. Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi pemimpin kesultanan Riau-Lingga-Johor-Pahang di usianya yang masih belia. Sultan Mahmud Riayat Syah juga disebut sebagai Sultan Mahmud III adalah sultan terakhir dari kesultanan Melaka. Selain itu, Sultan Mahmud Riayat Syah juga dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh presiden Joko Widodo sesuai Keputusan Presiden tahun 2017 lalu.

Tokoh Sultan Mahmud Riayat Syah atau Sultan Mahmud III | sumber kompasiana.com
info gambar

Meskipun pembangunan masih belum selesai, namun sejak 20 September 2019 lalu Masjid Agung II diresmikan dan sudah mulai dapat digunakan untuk sholat. Saat peresmian, banyak masyarakat yang turut hadir bahkan banyak juga masyarakat dari negeri tetangga yang turut dalam acara pembukaan tersebut. Pembangunan masjid sudah dalam tahap finishing yang direncanakan akan selesai total pada tahun 2020.


Catatan kaki: GATRA | SumatraBisnis |

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini