Masjid Terbesar di Sumatra kini Ada di Kota Batam

Masjid Terbesar di Sumatra kini Ada di Kota Batam

Masji Sultan Mahmud Riayat Syah resmi dibuka untuk umum mulai 20 September 2019 © kepriupdate.com

Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung II Kota Batam dikatakan sebagai masjid terbesar di Pulau Sumatera. Sebab, masjid tersebut berdiri di atas lahan seluas 5,1 hektar dan bangunan masjid seluas 4,1 hektar. Masjid Agung II didirikan di daerah Batu Aji yakni dekat salah satu kawasan industri galangan kapal di Kota Batam.

Fasilitas yang ada di Masjid Agung II sudah lengkap yakni sarana pendukung peribadahan, tempat pertemuan, bahkan nantinya akan dilengkapi dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran dan Islamic Center. Masjid Agung II ini mampu menampung sebanyak 25.000 jamaah. Dengan kelengkapan teresbut, diharapkan Masjid Agung II dapat memudahkan masyarakat sekitar untuk beribadah terutama bagi pekerja di kawasan industri.

Menara utama setinggi 99 meter. | Sumber @skycrapercity.batam

Bentuk bangunan Masjid Agung II Kota Batam ini merupakan perpaduan antara kubah khas Turki, 8 membran payung layaknya di Masjid Nabawi Madinah dan unsur Melayu pada paduan warna kuning dan hijau yang ada di dalam kubah. Masjid Agung II ini juga memiliki menara utama setinggi 99 meter yang bermakna jumlah Asmaul Husna atau Nama-nama baik bagi Allah. Dengan dibangunnya Masjid Agung II yang indah dan penuh makna ini, diharapkan masjid tersebut tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi masyarakat, namun juga menjadi wisata religi Kota Batam.

Penggunaan nama Sultan Mahmud Riayat Syah adalah sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh tersebut sebagai pahlawan asal Kepualauan Riau. Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi pemimpin kesultanan Riau-Lingga-Johor-Pahang di usianya yang masih belia. Sultan Mahmud Riayat Syah juga disebut sebagai Sultan Mahmud III adalah sultan terakhir dari kesultanan Melaka. Selain itu, Sultan Mahmud Riayat Syah juga dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh presiden Joko Widodo sesuai Keputusan Presiden tahun 2017 lalu.

Tokoh Sultan Mahmud Riayat Syah atau Sultan Mahmud III | sumber kompasiana.com

Meskipun pembangunan masih belum selesai, namun sejak 20 September 2019 lalu Masjid Agung II diresmikan dan sudah mulai dapat digunakan untuk sholat. Saat peresmian, banyak masyarakat yang turut hadir bahkan banyak juga masyarakat dari negeri tetangga yang turut dalam acara pembukaan tersebut. Pembangunan masjid sudah dalam tahap finishing yang direncanakan akan selesai total pada tahun 2020.


Catatan kaki: GATRA | SumatraBisnis |

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Varian Jamu Yang Tak Selalu Pahit Sebelummnya

Varian Jamu Yang Tak Selalu Pahit

Ketika Kain Tenun Mengangkasa Bersama Srikandi Bangsa Selanjutnya

Ketika Kain Tenun Mengangkasa Bersama Srikandi Bangsa

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Mahasiswa semester 7 program studi Komunikasi Penyiaram Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.