Puncak Pilar, Negeri di Atas Awan dari Sukabumi

Puncak Pilar, Negeri di Atas Awan dari Sukabumi
info gambar utama

Negeri di atas awan dari sisi barat pulau Jawa tidak hanya berada di Lebak, Banten, namun kini juga ada di Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat. Meskipun belum seterkenal puncak Sikunir di Dieng, Wonosobo, namun panorama negeri di atas awan di Sukabumi patut menjadi destinasi wisata terutama bagi pencari keindahan sunrise. Negeri di atas awan dari Sukabumi tersebut bernama Puncak Pilar.

Puncak pilar berada di ketinggian 800 mdpl di desa di Desa Ciwalat, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. Dari ketinggian tersebut dapat terlihat kabut tebal namun lembut yang menyelimuti daerah Pabuaran, Sagaranten, Purabaya, dan Nyalindung. Tidak hanya itu, Gunung Gede yang berada di kawasan Taman Nasional Pangrango pun dapat terlihat dari Puncak Pilar.

Spot Foto Sarang Burung yang menjadi salah satu daya tarik di Puncak Pilar | Sumber datawisata.com
info gambar

Spot foto adalah salah satu hal penting bagi wisatawan masa kini saat berada di tempat wisata. Oleh hal itu, Puncak Pilar kini dilengkapi berbagai spot foto untuk lebih menarik wisatawan. Spot foto tersebut salah satunya yaitu Tangan Raksasa dan Sarang Burung dengan latar belakang pemandangan alam di sekitar. Namun, spot foto yang paling diincar oleh wisatawan adalah pemandangan kabut pagi dengan latar langit berwarna keemasan saat matahari terbit.

Untuk menikmati keindahan “Golden Sunrise” tersebut, pengunjung diupayakan sudah berada di lokasi Puncak Pilar saat pukul 05.00 hingga pukul 08.00, karena menjelang siang kabut akan memudar dan digantikan dengan pemandangan para petani yang mulai beraktivitas.

Sabana Puncak Pilar, pemandangan di sekitar Puncak Pilar saat kabut sudah mulai memudar | Sumber explorewisata.com
info gambar

Untuk mencapai lokasi Puncak Pilar pengunjung dapat menempuh waktu sekitar 2,5 jam dari pusat Kabupaten Sukabumi. Cukup jauh memang, namun lamanya waktu perjalanan akan terbayar tuntas dengan pemandangan yang ada di Puncak Pilar dan sekitarnya. Puncak Pilar pun sudah dilengkapi fasilitas pendukung layaknya di tempat wisata lainnya yakni lahan parkir, toilet, gazebo serta warung-warung dari penduduk. Tiket masuk Puncak Pilar pun sangat terjangkau yakni seharga Rp 5.000,00. Murah, bukan?

Oleh sebab itu, kini Puncak Pilar semakin ramai terutama saat akhir pekan tiba. Puncak keramaian Puncak Pilar adalah bulan Juli hingga September, karena merupakan masa musim kemarau sehingga pemandangan yang disajikan akan lebih cerah dan nampah lebih indah.

Nah, apakah kawan GNFI tertarik untuk mengunjungi Puncak Pilar

Catatan Kaki : Tempo | SukabumiUpdate | datawisata

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini