Dangdut Dari Masa Ke Masa Hingga Digemari Oleh Milenial

Dangdut Dari Masa Ke Masa Hingga Digemari Oleh Milenial

Rhoma Irama dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai raja dangdut © Liputan6

Musik dangdut adalah musik yang berasal dari Indonesia sendiri. Kebanyakan penggemar musik dangdut adalah kalangan orang tua maupun anak-anak. Semakin bertambahnya zaman musik dangdut semakin mengikuti alur akulturasi budaya. Dangdut sendiri merupakan gabungan musik tradisional populer hindustani (india), melayu, dan arab. Ciri khas dari musik dangdut sendiri yaitu mempunyai dentuman tabla (perkusi) yang begitu kuat dan gendang. Musik dangdut juga bisa di mix dengan lagu bollywood kebanyakan para penyanyi dangdut memadukan musik dangdut dengan musik bollywood dengan alunan musik yang siapa saja yang mendengarkan akan ikut bergoyang mengikuti alunan lagu. Tetapi, sekarang musik dangdut bisa di mix dengan lagu pop sehingga musik dangdut sekarang digemari oleh kalangan milenial.

1. Sejarah Musik Dangdut

Musik dangdut sendiri awalnya dipengaruhi oleh musik india melalui film Bollywood oleh Ellya Khadam yang membawakan lagu berjudul "Boneka India", dan terakhir lahir sebagai dangdut tahun 1968 dengan pelaku musisi dangdut yaitu Rhoma Irama. Dalam evolusi musik dangdut yang menuju kontemporer, sekarang masuk unsur-unsur dari musik india dan arab yang menggunakan cengkok harmonisasi. Menjelang akhir 1960 arus perubahan politik di Indonesia membuka jalannya musik barat yang menggunakan gitar listrik dan juga bentuk pada pemasarannya.

Ellya Khadam yang mempopulerkan lagu Boneka India yang ada instrumen musik mix dengan lagu india: Sumber | Youtube

Tahun 1970 musik dangdut dapat dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Dangdut sebagai musik yang terpopuler maka sangat terbuka baginya untuk membentuk musik lain seperti keroncong, langgam, dengung, gambus, rock, pop, atau bahkan house musik.

Pengaruh dari musik india juga sangat besar dalam musik genre dangdut ini dari gaya instrumen dan harmoni. Instrumen dan harmoni ini juga pernah dipopulerkan oleh sang raja dangdut yaitu Rhoma Irama dengan lagunya yang berjudul Terajana, Penyanyi dangdut senior Mansyur S dengan lagunya yang berjudul Khana, Ellya Khadam dengan lagunya yang berjudul Boneka India, dan juga Via Vallen dengan lagu yang berjudul Sayang.

Istilah dari penamaan musik dangdut sendiri yaitu bermula dari onomatope yaitu suara permainan dari tabla (dalam musik dangdut disebut gendang). Dikutip dari Tempo bahwa lagu Boneka India adalah campuran lagu melayu dengan irama padang pasir dan berbunyi "dang ding dut" dari istilah inilah akhirnya diringkas menjadi dangdut.

2. Dangdut Era Sekarang

Memasuki era digitalisasi kini musik dangdut mulai mengikuti akulturasi pada budaya. Dulu musik dangdut identik dengan pakaian biduan yang serba terbuka tetapi kini, para biduan dangdut mulai menyesuaikan pakaiannya dengan lagu yang akan dinyanyikan. Dengan perpaduan musik koplo dan pop membuat musik dangdut banyak digemari oleh kalangan anak muda. Dan menggunakan bahasa jawa serta menceritakan tentang kehidupan anak muda yang sedang jatuh cinta ataupun putus cinta.

Penyanyi dangdut Jihan Audy yang sangat digemari oleh kaum milenial dengan judul lagunya Prei Kanan Kiri: Sumber | D'zen kreatif media

Contohnya saja lagu Sayang yang di populerkan oleh Via Valen yang menceritakan tentang betapa besarnya cinta seseorang pasangan kekasih terhadap orang yang dicintainya. Lagu ini juga pernah viral di media sosial. Ini menandakan lagu dangdut sangat digemari oleh kalangan milenial.

Dikutip dari Idntimes bahwa kini musik dangdut digemari oleh kalangan milenial dan menempatkan pada posisi kedua setelah lagu pop. Tak hanya lagu Sayang yang dipopulerkan oleh Via Valen, Prei Kanan Kiri yang dipopulerkan oleh penyanyi dangdut pendatang baru yaitu Jihan Audy juga digemari oleh kalangan anak muda. Siti Badriah yang juga pernah mempopulerkan lagu yang berjudul Lagi Syantik juga sangat populer dikalangan anak muda tak heran jika Siti Badriah dan Via Valen pernah ditunjuk untuk mengisi acara pada Opening dan Closing Ceremonial Asian Games 2018 lalu di Jakarta.

3. Infografik Biduan Milenial

Dikutip dari Idntimes berikut adalah biduan milenial yang digemari oleh kaum muda. Posisi pertama ditempati oleh Via Valen masuk sebagai penyanyi dangdut kekinian. Lagu yang pertama ia populerkan yaitu Sayang. Penyanyi yang sekarang menginjak usia 28 tahun tersebut pertama kali mengawali karier sebagai penyanyi dangdut pantura dan kini menjelma sebagai penyanyi dangdut terkenal di Indonesia. Penampilan Via Valen yang kekinian semakin menunjang popularitasnya sebagai penyanyi dangdut. Via kerap berpenampilan bak artis K-pop yang catchy. Via mengawali kiprahnya sebagai penyanyi dangdut mulai dari bangku SMP. Via juga pernah mengamen gara-gara melihat temannya bisa mendapatkan uang dari berkeliling untuk menjual suaranya.

Sumber | Bisniswisata.co

Yang kedua ditempati oleh Nella Kharisma. Nella Kharisma memiliki penampilan yang sama seperti Via Valen yang bernuansa blink-blink bak artis K-pop suara Nella yang khas sangat ditunggu-tunggu oleh penonton. Wanita kelahiran di Kota Kediri tahun 1994 ini menjelma menjadi biduan dangdut yang banyak sekali digemari oleh anak muda. Lagu-lagu Nella sering diputar dimana-mana seperti Jaran Goyang yang populer lewat platform media sosial.

Sumber | Andynura2018

Yang ketiga ditempati oleh Lesti penyanyi jebolan dari D'Academy ini mendapat respon positif dari kaum milenial sekarang. Lesti kerap berpenampilan imut dan sesuai dengan umurnya yang masih tergolong muda. Lesti mulai akrab dengan dangdut saat dia masih duduk di bangku SD yang waktu itu usia Lesti sangat muda yaitu 8 tahun. Single pertama Lesti yang berjudul Kejora menjadi single kemenangannya saat menjadi finalis di ajang D'academy.

Sumber | Kapanlagi

Yang keempat ditempati oleh Siti Badriah atau yang kerap di sapa Sibad ini memulai karier sebagai penyanyi dangdut pada tahun 2012 dengan judul lagu Brondong Tua. Lagu yang bergenre dance ini mengantarkan Siti Badriah pada kesuksesan. Setelah Brondong Tua Sibad juga pernah merilis lagu yang berjudul Lagi Syantin yang mengatarkan Sibad kepuncak kesuksesan hingga mencapai 545.112.737 Viewrs di Youtube.

Sumber | Breakingnews

Catatan Kaki: Kompas | Idntimes | Wikipedia | CNNIndonesia |

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Karya Sineas Lokal yang Tampil di Busan International Film Festival Sebelummnya

Karya Sineas Lokal yang Tampil di Busan International Film Festival

Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu? Selanjutnya

Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu?

chelsea sivana sofie maria
@chelseasivana

chelsea sivana sofie maria

Nama saya Chelsea Sivana Sofie Maria bias dipanggil Chelsea atau Siva saat ini saya sedang menempuh pendidikan Strata 1 di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabay. Jurusan yang saya ambil Komunikasi Penyiaran Islam saat ini saya sudah semester 7. saya mempunyai Hobby menulis dan nonton drama korea. Singkat cerita tentang diri saya wassalamuaalaikum wr wb

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.