Surga Tersembunyi Di Pandeglang

Surga Tersembunyi Di Pandeglang

Curug Putri © pusat-informasi-curug-putri-carita.businesa.site

Jika berbicara tentang Banten, yang dilihat pertama adalah adat dan budayanya. Tapi siapa sangka destinasi wisata di Banten bisa di adu dengan provinsi lain. Mulai dari pantai sampai gunung dan bukit banyak sekali. Beralih ke Kabupaten Pandeglang, dimana ada surga tersembunyi disana, namanya adalah Curug Putri.

Curug Putri adalah air terjun yang memiliki kolam dan mengalir menjadi sungai. Sungai ini mengalir dalam celah antara apitan tebing batu yang tinggi. Ini yang membuat Curug Putri terlihat eksotis dan menjadi daya pikat bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Sudah pernah ke Green Canyon di Pangandaran kan? Ternyata, kembarannya ada di Banten loh. Ya, namanya Curug Putri yang terletak di Kabupaten Pandeglang. Curug Putri bak surga yang tersembunyi. Meski lebih kecil, namun tak kalah eksotis dari Green Canyon. Karena saking miripnya, Curug Putri kerap juga disebut Little Green Canyon.

Little Green Canyon | sumber: agusstrav.blogspot.com

Pandeglang rupanya tidak hanya menawarkan wisata laut di sekitaran Selat Sunda. Di sana ada hutan raya yang dikelola Perhutani dan Balai Taman Hutan Raya (Tahura) dan memiliki Air Terjun Curug Putri. Taman hutan raya sudah ada dari 2012, dan pembentukan balai pengelola baru diresmikan pada 2014. Dengan luas kira-kira 30 ribu hektare, hutan yang ada di Kecamatan Carita, Pandeglang ini rupanya memiliki objek alam yang indah.

Ada tiga air terjun yaitu Curug Gendang, Cadas Ngampar dan Curug Putri yang bisa jadi tempat alternatif liburan selain pantai. Perjalanan ke tiga curug di Tahura sekitar 2 kilometer. Kamu akan melewati jalan setapak sembari menikmati pemandangan ciri khas hutan Pandeglang. Jika sedang beruntung, dari kejauhan akan terlihat beberapa monyet bergelantungan di atas pohon sebelum sampai ke Curug Gendeng atau Curug Putri

Belum banyak traveler yang tahu keberadaan tempat ini. Hal tersebut dikarenakan, objek wisatanya memiliki nama sama, yaitu Curug Putri di Kecamatan Pulosari dan di Carita. Curug yang mirip dengan Green Canyon ini berada di Carita atau di dalam Kawasan Taman Hutan Raya atau Tahura Kabupaten Pandeglang.

Di wisata ini anda juga bisa berenang di sebuah kolam yang dalamnya hanya setinggi pinggang orang dewasa. Curug ini mempunyai keinggian kurang lebih 20 meter dan sumber airnya berasal dari mata air pengunungan ciremai dan di sekitarnya ada banya pepohonan besar dan hijau.

Curug putri ini juga memiliki mitos, yang konon dahulu kala curug ini menjadi tempat pemandian para putri dari khayangan yang turun ke bumi. Dan konon katanya curug putri ini bisa memberikan berkah. arag siapa yang mencuci muka atau mandi ditempat ini akan di mudahkan menemukan pasangan.

Kolam Pemandian | sumber: travelspromo.com

Untuk tiket masuk ke curug putri ini sebesar Rp. 12.500,- perorang untuk, terjangkau bukan untuk harganya. Selain itu jika anda membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir, untuk kendaraan roda dua Rp. 3000.00 dan untuk kendaraan roda empat Rp. 5000.00. Untuk harga tiket masuk dan tarif parkir ini dapat berubah – ubah tergantung pihak pengelola.

Untuk tempat wisata di padeglang, Baten yang satu ini cukup memadai, antara lain :

  • Kamar mandi
  • Tempat ibadah
  • Tempat parkir
  • Waring atai tempat makan.
  • Area camping atau kemah
  • Outbound
  • dll


Catatan kaki:

Green Canyon di Banten | Curug Putri | lokasi dan harga masuk

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ubin Bertekstur, Inilah Fungsi Guiding Block Sebelummnya

Ubin Bertekstur, Inilah Fungsi Guiding Block

Makna-makna yang Terkandung di Lagu Minangkabau Selanjutnya

Makna-makna yang Terkandung di Lagu Minangkabau

Fikri Abdul Karim
@fikriabdulkarim

Fikri Abdul Karim

Panggil aja Zaqi, kalau mau tau lebih Follow Instagram, Twitter, dan Facebooknya gaes. Hobby ku Nge Game. Terutama PUBG di Invite ya : SVR | Akagami

1 Komentar

  • makanan

    wahh mantab mass jadi pengen pergi kesana..

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.