Lezatnya Pecel Semanggi, Makanan Khas Kota Surabaya

Lezatnya Pecel Semanggi, Makanan Khas Kota Surabaya

Pecel Semanggi makanan khas Surabaya © MakanMasak

Kota Surabaya, selain dikenal sebagai Kota Pahlawan juga dikenal dengan kuliner khasnya yakni Pecel Semanggi. Seperti namanya, pecel semanggi terbuat dari daun semanggi yang dikukus dan disajikan dengan beberapa sayuran lainnya seperti kecambah. Pecel semanggi adalah salah satu jajanan tradisional dari Surabaya yang masih eksis di tengah perkembangan jaman.

Pecel semanggi berbahan dasar daun semanggi muda dan sayuran lain seperti kecambah atau kangkung. Daun semanggi muda yang sudah dibersihkan kemudian dikukus dan disajikan dengan daun pisang yang dibentuk segitiga atau disebut pincuk. Daun semanggi kemudian dituangi bumbu pecel. Bumbu pecel semanggi berbeda dengan bumbu pecel pada umumnya. Bumbu pecel semanggi terbuat dari ketela rambat, kacang tanah, gula merah, bawang, garam dan cabai. Ketela rambat atau ubi memberikan tekstur yang berbeda sehingga hal tersebut yang membedakan antara bumbu pecel semanggi dengan bumbu pecel lainnya. Selain itu, pecel semanggi selalu disajikan dengan pasangannya, yakni kerupuk puli.

Ciri khas penjual pecel semanggi adalah menggunakan jarik atau selendang yang digunakan untuk menggendong seperangkat dagangan pecel semanggi. | Sumber Wikiwand

Untuk menikmati satu pincuk pecel semanggi, kawan GNFI bisa menggunakan tiga cara. Cara pertama adalah menggunakan sendok plastik untuk memakannya, cara kedua yakni memakan pecel semanggi dengan sendok daun pisang dan cara yang ketiga yaitu menggunakan kerupuk puli sebagai sendok untuk makan pecel semanggi. Cara yang ketiga inilah disebut-sebut paling nikmat. Hal tersebut dikarenakan dapat langsung menikmati pecel semanggi langsung dengan kerupuk puli.

Penjual pecel semanggi dapat ditemui di beberapa tempat umum di Surabaya terutama saat hari Minggu. Penjual pecel semanggi kebanyakan adalah ibu-ibu antara usia 35 hingga 60 tahunan yang biasanya menggunakan jarik atau sewek untuk membawa dagangannya. Salah satu tempat yang terdapat banyak penjual pecel semanggi adalah Taman Bungkul Surabaya. Harga satu porsi pecel semanggi adalah Rp 10.000,00 lengkap dengan krupuk pulinya. Murah, bukan?

Kampung Semanggi berlokasi di Kelurahan Bringin, Kecamatan Sambikerep, Benowo. | Sumber Blog Seputar Jurnalisme Komunikasi

Selain berjualan di tempat umum, pecel semanggi juga dapat ditemui di kampung Semanggi daerah Benowo yang berada di Surabaya bagian Barat dekat dengan perbatasan Gresik. Disebut kampung Semanggi karena sebagian besar penjual pecel semanggi tinggal di daerah tersebut yang kemudian berjualan di tempat-tempat umum di Surabaya. Dulu, kawasan Benowo merupakan daerah rawa yang mana banyak tumbuh tanaman pakis air atau yang disebut semanggi. Ibu-ibu di kawasan tersebut memetik daun semanggi dan mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan seperi sayur bening dan pecel semanggi. Kemudian, mulailah untuk membawa pecel semanggi ke luar daerah Benowo hingga meluas ke penjuru Kota Surabaya. Rasa pecel semanggi diterima oleh banyak kalangan sehingga menjadikan pecel semanggi sebagai makanan khas Surabaya

Nah, apakah kawan GNFI tertarik untuk mencicipi lezatnya pecel semanggi? Yuk kunjungi Kota Surabaya.


Catatan kaki: CNN | Kumparan | Bobo

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Anyaman Bambu Yang Hampir Tertinggal, Di Tengah Semua Serba Plastik Sebelummnya

Anyaman Bambu Yang Hampir Tertinggal, Di Tengah Semua Serba Plastik

Aneka Rujak di Indonesia (Bagian I) Selanjutnya

Aneka Rujak di Indonesia (Bagian I)

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.