Nikmatnya Soto Gerabah Khas Solo

Nikmatnya Soto Gerabah Khas Solo
info gambar utama

Soto dikenal sebagai makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah. Uniknya setiap soto yang ada didaerah memiliki cita rasa yang berbeda. Misalnya di Solo memiliki kuliner bernama soto gerabah yang terkenal dengan penyajiannya yang berbeda dengan soto lainnya.

Memiliki nama soto gerabah yang berarti penyajiannya menggunakan mangkuk dari gerabah. Bukan hanya wadahnya saja yang tradisional tapi peralatan makan seperti sendok dan garpu yang terbuat dari tembikar. Bukan tanpa alasan mengapa soto ini menjadikan gerabah sebagai wadah penyajiannya, konon dipercaya bahwa peralatan makan tradisonal ini menghadirkan cita rasa yang berbeda dari soto biasanya.

Seperti rasa kuah yang lebih nikmat dan sedap. Tentunya berbeda dengan soto yang disajikan menggunakan mangkuk kaca atau plastik. Selain itu, bukan hanya peralatan makan saja yang terbuat dari gerabah, semua alat untuk memasak juga terbuat dari gerabah. Seperti kuali, centok, spatula dan masih banyak lagi. Karena peralatan masak yang unik, maka perawatannya juga tidak sama dengan peralatan masak lainnya.

Maka dari itu semua peralatan masak akan langsung dicuci setelah digunakan, karena perawatan dan kebersihan alat masak dapat mempengaruhi cita rasa dari soto gerabah.

soto gerabah @travelingyuk.com
info gambar

Untuk isian dari soto gerabah ini sama seperti soto lain pada umunya seperti nasi, suwiran ayam, kol, seledri dan juga bihun. Harga soto gerabah juga cukup tercangkau yaitu dimulai dari harga Rp8.000 per porsi.

Nah kalo untuk tempatnya, kawan GNFI bisa berkunjung ke jalan Prof. Dr. Supomo No 57 Pasar Beling, Solo. Disini kalian bisa melihat nuansa ornamen gerabah dominan. Mulai dari dekorasi kendi hingga mangkuk soto beserta sendok dan gelas minumannya semuanya terbuat dari gerabah. Gerabah-gerabah seperti menjadi bagian penting dari sajian makanan yang ditawarkan di kedai ini.

Nah ada satu lagi yang unik, ketika pengunjung datang ke kedai ini para pengunjung yang datang akan ditemani alunan musik keroncong yang akan dimainkan ketika makan. Alunan musik tradisional yang dimainkan ini menjadikan nuansa santai sembari menikmati soto menjadi menyenangkan. Nuansa Jawa yang begitu kental sangat terasa ditempat ini.

Sangat menyenangkan bukan bisa mendengarkan musik tradisional sembari menikmati soto? Jika kawan GNFI berkunjung ke Solo jangan lupa mampir ke kedai soto gerabah dan nikmati sensasinya.

Sumber: Indonesiakaya | Travelingyuk

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini