Es Krim Ragusa : Es Krim Iconic Kota Jakarta

Es Krim Ragusa : Es Krim Iconic Kota Jakarta

es krim ragusa© Indonesiakaya.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Es krim adalah sebuah makanan pencuci mulut yang digemari oleh banyak orang. Rasanya yang lembut dan manis membuat semua kalangan menyukainya. Tapi belum lengkap rasanya jikalau kawan GNFI belum mencoba es krim satu ini.

Namanya Es Krim Ragusa, Camilan yang berbahan dasar susu ini sudah diperjualbelikan sejak tahun 1932 di Jakarta. Dengan aroma susu yang kental dan bangunan tua membawa pengunjung ke zaman lampau saat duduk di kedai es krim Ragusa. Kita juga dapat melihat mesin pembuat es krim terpajang di belakang kedai tersebut, gambar es krim dan foto keluarga Luigi dan Vincenzo pun masih terpajang di kedai ini.

Es krim ragusa memiliki ciri khas lain yang tentunya berbeda dengan es krim pada umumnya. Semua es krim ditempat ini diproduksi sendiri dengan resep turun-temurun. Dengan resep yang turun temurun tentunya ada sejarah yang tidak bisa kita lupakan dibalik pembuatan es krim ini.

Dahulu pemilik usaha es krim khas Italia Vincenzo Ragusa dan Luigi Ragusa menghibahkan ladang usahanya yang dibangun sejak zaman Belanda tahun 1932 kepada Sias Mawarni dan suaminya Buntoro Kurniawan (Yo Boen Kong) tahun 1977. Berawal dari ayah Sias yang bertemu dengan dua warga Italia tersebut yang ingin belajar menjahit tapi pada akhirnya beralih menjadi penjual es krim karena ketika jalan-jalan ke lembang mereka melihat adanya peternakan sapi.

salah satu varian es krim ragusa @id.openrice.co

Awalnya dua warga Italia tersebut menjual es krim di Jalan Naripan, Bandung. Tak lama kemudian membuka usaha dekat Monas tepatnya di Pasar Gambir. Dan akhirnya pun dikelola oleh Sias dan Suaminya Buntoro yang bekerja di kedai ragusa.

Es krim ini menawarkan kelezatan rasa dan sensasi lumer dimulut saat dicoba. Bahan-bahan yang dipilih juga tidak seperti sembarangan seperti susu dan buah-buahan. Bahan-bahan pilihan ini menjadikan es krim ragusa memiliki rasa manis yang segar dan begitu nikmat ketika disantap. Selain rasanya yang enak, keunggulan dari es krim ini adalah tidak menggunakan bahan pengawet.

Bukan hanya itu saja, kedai ini juga masih mempertahankan etnik Italia yang tradisional seperti tahun 1932. harga dari es krim Italia ini juga terjangkau mulai Rp 15.000 - Rp 35.000 itu tidak pernah naik dari masa ke masa. Kedai ini buka dari jam 09.30 WIB sampai jam 23.00 WIB setiap Senin sampai Minggu.

Ada berbagai macam varian yang ditawarkan seperti spaghetti ice cream, cassata siciliana, banana split, nougat atau chocolate sundae yang semuanya bisa mengundang selera. Salah satu varian yang menjadi favorit pengunjung di Es Krim Ragusa adalah Spaghetti Ice Cream. Es krim ini memiliki tekstur seperti spaghetti, apalagi porsinya yang besar dengan tambahan taburan kacang tanah diatasnya menjadikan kepuasan tersendiri saat memakannya.

Sumber: Indonesiakaya | Merdeka

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang75%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau25%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Bukan di Belanda, Inilah Lokasi Fort Amsterdam Sebelummnya

Bukan di Belanda, Inilah Lokasi Fort Amsterdam

Kerupuk Melarat Cirebon, Camilan Unik yang Digoreng Tanpa Minyak Selanjutnya

Kerupuk Melarat Cirebon, Camilan Unik yang Digoreng Tanpa Minyak

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.