Delapan Aci-acian Yang Bisa Jadi Pilihan Cemilan

Delapan Aci-acian Yang Bisa Jadi Pilihan Cemilan

Proses pengolahan olahan aci | foto: cerisfamily.com

Aci berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti tepung kanji. Adonannya yang memiliki tekstrur lentur jika dicampurkan dengan air sering menjadi bahan dasar berbagai makanan kecil yang kerap dijajakan di jalan-jalan.

Jalan-jalan ke jawa barat memang kurang lengkap jika tidak menyantap kulinernya. Aci sendiri adalah salah satu bahan dasar kuliner jawa barat yang terkenal menghasilkan banyak modifikasi makanan. Ragam olahan dari aci sendiri ada yang berasal dari aci saja hingga yang dicampurkan dengan bahan lain. Beberapa makanan kenyal hasil olahan aci pun sudah tak asing di telinga masyarakat.

Cireng

Cireng yang siap disantap | foto : pegipegi.com

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Pembuatannya cukup sederhana karena hanya mencampurkan tepung kanji dengan air dan bumbu penyedap. Selanjutnya sesuai dengann namanya adonan tersebut digoreg dalam minyak hingga berwarna putih sedikit kecoklatan.

Cilok

Sajian cilok yang telah ditusuk | foto: rumahmesin.com

Cilok adalah singkatan dari aci di colok. Makanan ini memiliki bentuk bulat yang serupa dengan bakso. Dengan adonan yang hanya menggunakan tepung kanji aci diolah denan cara direbus hinngga matang. Jika sudah siap cilok disajikan dengan tusuk sate yang mencoloknya dan umumnya juga didampingi dengan bumbu kacang atau kecap manis.

Cimol

Cimol yang sudah digoreng | foto: slondok.com

Sama seperti cilok, cimol memiliki bentuk bulat namun teksturnya agak alot. Namanya merupakan hasil singkatan dari aci digemol. Cilok versi goreng ini umumnya dimakan dengan tambahan bumbu bubuk.

Cilor

Cilor yang dijaikan dengan saus sambal | foto: pesona.travel

Dari namanya mudah sekali untuk menebak bahan baku dari jajanan ini. Cilor adalah hasil pencampuran acid dan telur. Pencampuran adonan tersebut kemudian dimasukkan dalam penggorengan terisi minyak panas. Cilor yang sudah matang biasannya disantap ditemani dengan saus sambal. Umumnya nama cilor dipakai untuk jajanan yang aci-telur yang bentuknya bulat sedangkan aci-telur yang digulung biasa disebut cilung.

Cigo

Cilok yang dicampur dengan kuah | foto: rancahpost.com

Cigo sebenarya terbuat dari cilok namun dalam penyajiannya aci tersebut tidak dicolok dan disajikan ditemanni dengan kuah dan sambal goang.

Cipuk

Cipuk yang ditiriskan setelah digoreng | foto: cookpad.com

Cipuk adalah aci kerupuk yang terbuat dari tepung kanji da kerupuk. Permbuatannya dilakukan dengann menghancurkan kerupuk yag selanjutnya dicampurkan dengan adonan tepung kanji yang sudah dicampur dengan penyedap, merica dan bawang. Utuk menghasilkan cipuk siap saji adonan yang telah tercampur dikukus kemudian dipotong dan digoreng pada minyak panas.

Cipek

Campuran aci dan tempe | foto: hipwee.com

Cipek adalah hasil perpaduan acid an tempe. Pembuatannya diawali dengann mencampurkan adoan aci dengan kedelai dan ragi. Campuran tersebut kemudian dibungkus dengan plastik yang dibolongkan kecil-kecil atau dengan daun pisang yang selanjutnya di fermentasi selama dua hari. tempe yang dihasilkan kemudian dicampurkan dengan bumbu dari bawang putih, garam dan ketumbar yang sudah dihaluskan. Pada tahap akhir tempe tersebut pun digoreng.

Cibay

Cibay, lumpia aci dengan isian| foto: galamedianews.com

Jajanan ini terbuat dari campuran aci dengan kulit lumpia dan ayam. Pembuatan jajanan yang juga kadang disebut sebagai cireng lebay atau aci ngambay ini diawali dengan merebus ayam suwir dengan acid an berbagai rempah. Adonan tersebut berikutnya dimasukkan dalam selembar kulit lumpia yang juga diikuti denngan cabe rawit cincang. Adonan tersebut berikutnya digoreng dan siap untuk disantap.

sumber : hipwee.com | bobo.grid.id

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Selamat! Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 Sebelummnya

Selamat! Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu Selanjutnya

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu

Ariefiani Harahap
@ariefiani_elf

Ariefiani Harahap

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.