Menengok Venue MotoGP 2021 di Lombok

Menengok Venue MotoGP 2021 di Lombok
info gambar utama

Indonesia telah resmi ditunjuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pembangunan sirkuit baru kini sedang ikebut. Seperti dikutip dari Jawapos.com, prosesnya mencapai 30 persen. Dijadwalkan, pada awal 2021, sirkuit tersebut sudah masuk agenda sementara tes pramusim MotoGP.

“Pengaspalan badan jalan akan dimulai pada Desember 2019 sebelum kemudian dilanjutkan dengan upgrading permukaan badan jalan menjadi lintasan balap. Akhir tahun 2020 kami targetkan pembangunan sirkuit dapat selesai, sehingga dapat menjamu tes pramusim 2021, yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim 2021 dimulai,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah BUMN pengembang dan pengelola Sirkuit Mandalika.

Masterplan Sirkuit Mandalika | Gridoto.com
info gambar

Tes pra-musim 2021 di sirkuit ini dijadwalkan berlangsung selama 3 hari dan diperkirakan akan diikuti oleh semua pembalap peserta MotoGP tahun yang bersangkutan, sesuai peraturan FIM World Championship Grand Prix Regulation.

Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit jalan raya MotoGP pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep. Sirkuit tersebut akan memiliki panjang 4,31 kilometer dan memiliki 17 tikungan yang dibangun di tengah-tengah kluster sport & entertainment di kawasan pariwisata Kota Mandalika.

Kawasan ini dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika memiliki lahan seluas 1.034 hektar yang digarap oleh PT Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC), BUMN yang sukses membangun kasawan pariwisata Nusa Dua di Bali.

Salah satu spot indah di Mandalika, Bukit Merese | Langkah Travel
info gambar

Kawasan Mandalika juga mudah dijangkau. Berjarak hanya 30 menit dari Bandara Internasional Lombok, kawasan ini dihiasi bentang alam yang indah, pun pantai-pantai yang sangat menawan, mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan.

Pantai Kuta yang terkenal dengan pasirnya yang putih dan air laut yang jernih, lengkap dengan pepohonan dan bukit hijau yang megah terlihat sangat jelas. Dari segi nuansa, ini sedikit mirip dengan Nusa Dua Bali.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini