“Rencanamu” Hadir Sebagai Pendukung Program Siap Kerja

“Rencanamu” Hadir Sebagai Pendukung Program Siap Kerja

Para pembicara dalam diskusi dan media launch di Jakarta © Asriyati/GNFI

Youthmanual telah resmi melakukan rebranding menjadi “Rencanamu”. Rencanamu merupakan sebuah platform persiapan karir, pengembangan talenta, dan rekrutmen yang dipersonalisasi berbasis data untuk membantu siswa dan mahasiswa dalam meningkatkan kesiapan kerja (employability). Platform Rencanamu secara otomatis akan menghubungkan siswa dan mahasiswa dengan beragam peluang ekonomi seperti magang, pekerjaan, beasiswa dan kuliah yang sesuai dengan profil mereka.

“Kami menghadirkan aplikasi pada bidang pengembangan talenta dan rekrutmen berbasis data untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan kerja,” kata Rizky.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan profil demografis termuda di dunia dengan lebih dari 138 juta (53.5%) penduduk di Indonesia yang berusia dibawah 30 tahun (BPS, 2016). Dalam 5-8 tahun ke depan, angkatan kerja baru Indonesia akan didominasi oleh Generasi Z. Oleh sebab itu, dibutuhkan generasi muda yang produktif dan berperan untuk mendorong transformasi bangsa Indonesia menuju ke generasi emas di tahun 2045.

Hadirnya Rencanamu diharapkan dapat membantu serta mendorong pemerintah terkait sumber daya manusia berkualitas yang siap kerja, , Link and Match antara pendidikan dengan industri, serta dalam upaya menaikan daya saing bangsa di era revolusi industri 4.0.

Pendiri dan CEO Rencanamu, Rizky Muhammad mengungkapkan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan oleh Rencanamu dalam tiga tahun terakhir yang mendalami profil data lebih dari 1.6 juta siswa dan mahasiswa pengguna, serta riset terhadap industri, menunjukan bahwa terjadinya kesenjangan antara permintaan dan ketersediaan (Supply and demmand).

Rizky Muhammad selaku pendiri dan CEO dari Rencanamu | Foto : Asriyati/GNFI

Beberapa fakta tersebut diantaranya yaitu Beberapa fakta tersebut di antaranya, sebanyak 92% siswa SMA/SMK sederajat bingung dan tidak tau akan menjadi apa kedepannya, 82% siswa SMK mengambil jurusan dan bidang yang tidak sesuai dengan keinginannya, dan 45% mahasiswa merasa salah mengambil jurusan.

Selain itu, terdapat pula beberapa masalah seperti siswa dan mahasiswa kurang mendapat bimbingan secara menyeluruh terkait perencanaan kuliah dan karir, adanya ketidaksesuaian antara supply dan demand, yaitu bidang-bidang yang diambil oleh siswa dan mahasiswa dengan apa yang dibutuhkan industri saat ini.

Serta, meningkatnya pengangguran terselubung (underemployment) dan tingginya pengangguran (unemployment) di kalangan anak muda.

Menurut Rizky, dengan hadirnya aplikasi Rencanamu, siswa dapat mengikuti rangkaian persiapan karir yang terdiri dari self discovery, eksplorasi, perencanaan karier dan siap kerja.

Saat ini Rencanamu juga tengah menjalin kerja sama dengan Rajawali Foundation dalam upaya menyukseskan Proyek Penguatan Koordinasi untuk Pembangunan Ketenagakerjaan Inklusif di Indonesia (SINERGI) fase 2 di Jawa Tengah Juli 2019-September 2020.

Direktur Eksekutif Rajawali Foundation, Agung Binantoro, mengungkapkan, tujuan SINERGI adalah membantu pemuda kurang mampu dan rentan termasuk perempuan dan pemuda penyandang disabilitas agar siap memasuki dunia kerja dan memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan baru atau lebih baik, khususnya di Jateng.

Melalui platform Rencanamu, dapat dilaksanakan proses registrasi, serta asesmen perilaku dan kepribadian terkait pekerjaan tertentu dari 16.000 pemuda kurang mampu dan rentan yang menjadi target Proyek SINERGI.

“Oleh karena itu, kami menggandeng Rencanamu ke dalam proyek SINERGI, khususnya dalam menyediakan platform daring (online),” ujar Agung. ***

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Mendorong Penciptaan Solusi di Bootcamp for Young Technopreneur (BYTe) Sebelummnya

Mendorong Penciptaan Solusi di Bootcamp for Young Technopreneur (BYTe)

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu Selanjutnya

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu

Asriyati .
@asriyati

Asriyati .

Hii Saya mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang lagi magang di Good News From Indonesia, bimbing aku yaa.. hehe

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.