Alasan Dibalik Warna Coklat Seragam Pramuka

Alasan Dibalik Warna Coklat Seragam Pramuka

Hari Pramuka di Indonesia diperingati setiap tanggal 14 Agustus. © Indopolitika.com

Kawan GNFI tentunya sudah lama mengenal istilah pramuka. Pramuka merupakan singkatan dari praja muda karana yang artinya jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka tidak bisa lepas dari dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan penggunaan seragam pramuka yang diterapkan di semua sekolah yang ada di Indonesia. Namun, pernahkah terlintas dalam benak kawan GNFI mengapa seragam pramuka berwarna coklat?

Nah, untuk menjawab rasa ingin tahun dari kawan GNFI, berikut ada beberapa alasan mengapa digunakan warna coklat untuk seragam pramuka.

  1. Warna yang dominan digunakan oleh pejuang kemerdekaan

Konon, pada masa sebelum kemerdekaan, baju yang digunakan oleh para pejuang untuk melawan penjajah didominasi dengan warna coklat. Oleh karenanya, untuk mengingat jasa para pejuang kemerdekaan serta membarakan semangat juang maka digunakanlah warna coklat pada seragam pramuka. Hal itu secara resmi tercantum pada Bab I Pasal 5 Ayat B dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Anggota Gerakan Pramuka.

Sungai di Indonesia didominasi dengan warna coklat muda. | Gambar Sesawi.net
  1. Simbol dari warna tanah air Indonesia

Warna coklat dipilih sebagai warna pramuka juga dikarenakan sebagai perwakilan warna tanah air Indonesia. Warna coklat tua diibaratkan sebagai warna tanah serta warna coklat muda diibaratkan sebagai warna air yang mengalir di seluruh Indonesia. Seragam pramuka juga dilengkapi dengan setangan leher atau yang biasa disebut hasduk. Hasduk tersebut berwarna merah putih sebagai lambang bendera Indonesia. Makna yang dapat diserap dari seragam pramuka yakni harus selalu siap sedia untuk mengibarkan dan menjaga sang saka merah putih di atas tanah air Indonesia.

  1. Warna coklat sebagai warna tunas kelapa

Gerakan pramuka tidak bisa lepas dari lambang tunas kelapa. Lambang yang dicetuskan oleh Soenardjo Atmodipurwo ini memiliki filosifis yang dalam. Para anggota pramuka diibaratkan sebagai tunas kelapa yakni benih-benih yang nantinya dapat memberikan manfaat bagi sekitarnya. Tunas kelapa mampu hidup di berbagai jenis tanah, sehingga diharapkan para anggota pramuka dapat mudah beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan.

Tunas Kelapa | Gambar Pejuang Pramuka
  1. Warna baju Baden Powell

Bapak pandu dunia yakni Robert Stephenson Smyth Baden Powell sangat menyukai petualangan. Ketika ia berpetualang, ia kerap kali melalui medan yang sulit salah satunya medan berlumpur yang membuat bajunya menjadi berwarna coklat. Hingga akhirnya ia pun tidak merasa jika bajunya sudah berubah warna akibat berpetualang. Oleh sebab itu, warna coklat dipilih sebagai warna seragam pramuka agar ketika sedang berada di luar ruangan, tidak mudah terlihat kotor.

Nah, kira-kira dari empat alasan tersebut, apakah sudah memenuhi rasa penasaran dari kawan GNFI?


Catatan kaki: Ruang Guru | CNN

Pilih BanggaBangga27%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli9%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi32%
Pilih TerpukauTerpukau23%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Makna Kehidupan Dalam Tari Wutukala yang Dinamis Sebelummnya

Makna Kehidupan Dalam Tari Wutukala yang Dinamis

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu Selanjutnya

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Mahasiswa semester 7 program studi Komunikasi Penyiaram Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.