Kolaborasi UNDAR dan Dinas Pertanian Jombang Wujudkan Inovasi di Sektor Pertanian

Kolaborasi UNDAR dan Dinas Pertanian Jombang Wujudkan Inovasi di Sektor Pertanian

Universitas Darul 'Ulum Jombang

Pertanian merupakan salah satu sektor penting bagi Perekonomian Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis sebuah survey pertumbuhan ekonomi Triwulan II Tahun 2018 yang menyatakan kontribusi pertanian pada laju partumbuhan produk domestik bruto (PDB) mencapai 13,63 %. Realitas tersebut semakin menegaskan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu penggerak utama dalam pengembangan ekonomi masyarakat Indonesia.

Berbagai upaya terus didorong untuk mewujudkan inovasi di sektor Pertanian agar produktivitas hasil pertanian makin meningkat dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah upaya yang dilakukan antara Universitas Darul 'Ulum Jombang dan Dinas Pertanian Kabupaten Jombang yang menggelar pelatihan Teknik Irigasi Pertanian bagi Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) di Kecamatan Kabuh, Kecamatan Plandaan, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Perak dan Kecamatan Jogoroto.

"Kabupaten Jombang merupakan salah satu daerah penyumbang hasil pertanian terbesar di Jawa Timur. Sehingga ke depan diperlukan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan produktivitas hasil pertanian masyarakat. Kegiatan yang dilakukan UNDAR dan Dinas Pertanian ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi kami dalam mendorong inovasi di sektor pertanian melalui inovasi teknik irigasi pertanian dengan narasumber yang kompeten di bidangnya antara lain; Ir. M. Zainul Arifin MT, Dr. Cholil Hasyim, Saiful Arfaah dan Ir. Ruslan Hidayat," tutur Dr. Agus Raikhani selaku Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama Universitas Darul 'Ulum Jombang.

Agus menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Jombang dengan Universitas Darul 'Ulum sebagai upaya membantu pemkab untuk mewujudkan visi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jombang.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bungo Lado; Tradisi Sambut Maulid Nabi dengan Pohon Uang Sebelummnya

Bungo Lado; Tradisi Sambut Maulid Nabi dengan Pohon Uang

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu Selanjutnya

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu

RIFORS MEDIA
@forssmaka

RIFORS MEDIA

http://www.forssmaka.co.vu/

Ruang Inovasi merupakan sebuah komunitas Millenial (Millenial Creative Forum) di Kabupaten Jombang yang berusaha mendorong pengembangan ekosistem generasi Millenial dalam segala bidang seperti industri kreatif, sosial dan pendidikan. Ruang Inovasi menjadi komunitas Millenial pertama di Kabupaten Jombang yang disahkan oleh Menkumham RI melalui SK nomor AHU-0004753.AH.01.07.TAHUN 2019, menerapkan konsep Penta Helix dimana didalamnya terdapat kolaborasi serta sinergi diantara Pemerintah, Pihak Swasta, Komunitas, Akademisi/ Perguruan Tinggi dan Media.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.