Perangi HOAX, FAI UNDAR Gandeng MAFINDO Adakan Sosialisasi dan Edukasi Bagi Mahasiswa

Perangi HOAX, FAI UNDAR Gandeng MAFINDO Adakan Sosialisasi dan Edukasi Bagi Mahasiswa

Universitas Darul 'Ulum

Universitas Darul Ulum Jombang (Undar) bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Chapter Jombang mengadakan Acara Pelatihan Stop Hoax Indonesia dan Diskusi dalam tema Hoax dalam Perspektif Islam dan Hukum.

Dalam gedung Fakultas Agama Islam Undar Jombang lebih dari 80 mahasiswa dari Fakultas Agama Islam, Hukum, Psikologi, Sosial Politik, Teknik dan Fakultas Ekonomi ikut serta dalam acara ini.

Acara dibuka oleh Dr. H. Abdul Ro'uf M.Ag selaku Dekan Fakultas Agama Islam, kali ini sekaligus memberi paparan dalam materinya Hoax dalam Perspektif Islam dan Hukum. Dalam kesempatan ini menggambarkan teladan bijak Nabi Muhammad dalam menerima dan menanggapi berita yang tidak benar (Hoax).

Ditekankan olehnya agar selalu Tabayyun atau selalu melakukan Cek dan Ricek dalam menerima Kabar/berita/info apapun jika tidak melihat sendiri atau dapat dari Sumber yang kredibel sebelum membagikan ke orang lain.

Dilanjutkan sosialisasi dan pelatihan STOP Hoax Indonesia (See, Talk, Observe, Prevent dan Publish) oleh Hanifah Atmi Nurmala relawan Mafindo Jombang, kesempatan kali ini mengajak Mahasiswa untuk melihat Video Explainer STOP Hoax dan Film web series Keluarga Anti Hoax Mafindo agar mampu mengenali, menganalisa, mendiskusikan, dan mencegah tersebarnya Hoax lebih masiv lagi.

Tak sampai disana kali ini Wahyu Subianto salah satu relawan Mafindo juga mengenalkan dan mengajak mahasiswa langsung praktek Tool yang di miliki Mafindo yakni Hoax Buster Tool (HBT) yang dapat di unduh gratis melalui playstore dan juga melalui Aplikasi WhatsApp dengan menyimpan nomor Kalimasada 0855-7467-6701, dan juga website turnbackhoad.id milik Mafindo.

Serta mengenalkan kanal media sosial Group FB Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoax serta Fanpage, IG, YouTube dan Twitter Masyarakat Anti Fitnah Indonesia. Yang semuanya dapat di akses secara mudah dan gratis untuk bisa dijadikan refrensi klarifikasi mengenai berita-berita yang beredar di masyarakat. Semua konten didalamnya sudah melalui proses oleh divisi Periksa Fakta Mafindo.

Sebelum ditutup dengan doa sebagai puncak acara oleh Wakil Dekan III H. Eko Hadi Wardoyo S.Pd.I, M.Pd. sangat mengapresiasi acara ini, di harapkan Mahasiswa juga ikut membantu meredam peredaran Hoax di masyarakat setelah acara ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Dua Rekor Dunia LRT Jabodebek Sebelummnya

Dua Rekor Dunia LRT Jabodebek

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu Selanjutnya

Dijuluki Jurassic Park Mini, Kawasan Wisata Ini Seperti Zaman Batu

RIFORS MEDIA
@forssmaka

RIFORS MEDIA

http://www.forssmaka.co.vu/

Ruang Inovasi merupakan sebuah komunitas Millenial (Millenial Creative Forum) di Kabupaten Jombang yang berusaha mendorong pengembangan ekosistem generasi Millenial dalam segala bidang seperti industri kreatif, sosial dan pendidikan. Ruang Inovasi menjadi komunitas Millenial pertama di Kabupaten Jombang yang disahkan oleh Menkumham RI melalui SK nomor AHU-0004753.AH.01.07.TAHUN 2019, menerapkan konsep Penta Helix dimana didalamnya terdapat kolaborasi serta sinergi diantara Pemerintah, Pihak Swasta, Komunitas, Akademisi/ Perguruan Tinggi dan Media.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.